Isuzu New GIGA, Tangguh Hadapi Masa Depan

Setelah sukses dengan peluncuran Light Duty Truck 6 Ban pada tahun 2016, Isuzu terus berusaha turut mendukung program-program yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur, untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut Isuzu kembali meluncurkan line up baru khususnya di kelas Medium Duty Truck (GIGA), yang sebelumnya di launching oleh Isuzu di tahun 2011. Selama 7 tahun semenjak diluncurkannya pada tahun 2011, Isuzu GIGA sudah menjadi bagian penting dalam bisnis komersial khususnya bidang infrastruktur dan logistik. Sudah bukan hal baru lagi dimana kendaraan komersial Isuzu kelas Medium Duty ini pun sudah menjadikan badan-badan pemerintahan (Kementrian, Militer, Kepolisian, dll) menjadi pelanggan tetap Isuzu.

"Isuzu akan terus berusaha untuk mengembangkan feature- feature product yang fit dengan customer truck di Indonesia, serta untuk menjawab tantangan menghadapi program-program pemerintah yang terus berkembang baik khususnya di bidang infrastruktur dan logistic" Ujar Bapak Ernando Demily selaku Vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Dengan teknologi yang dimiliki Isuzu khususnya pada engine Isuzu dengan common rail sistemnya, sudah tidak aneh menjadikan Isuzu sebagai pilihan terbaik untuk menjawab tantangan kemajuan zaman. Banyak dari pebisnis komersial yang sudah menurunkan bisnis mereka kepada generasi muda/penerus yang menjadikan ini kesempatan bagi Isuzu.

Mengapa ini kesempatan untuk NEW ISUZU GIGA?
Dengan bekerbangnya zaman, serta berubahnya generasi saat ini adalah peluang yang sangat baik untuk Isuzu. "Kecenderungan dari generasi saat ini adalah dimana mereka lebih memilih product yang memiliki teknologi yang unggul, serta product yang terus berinovasi. Isuzu sudah terus melakukan hal itu untung meng- grab customer di generasi saat ini." Ujar Bapak Attias Asril selaku General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Inovasi yang dilakukan Isuzu mengenai product dan juga teknologi, akhirnya di applikasikan ke NEW ISUZU GIGA. NEW ISUZU GIGA selain unggul dalam teknologi tapi tanpa mengurangi factor "fit to the market", dimana tidak hanya mengandalkan kemajuan teknologinya saja, tapi Isuzu juga mengerti "needs" dari para pemain bisnis komersial.

Perubahan NEW ISUZU GIGA
Berikut perubahan-perubahan yang menjadikan NEW ISUZU GIGA layak menjadi pilihan pertama bisnis komersial :

  • Engine Isuzu:
    • NEW ISUZU GIGA meng-improve kemampuan mesin untuk kelas GIGA standard power (245PS), dengan power & torsi masing-masing dari 240PS & 72Kg.m, menjadi 245PS & 80Kg.m.
  • Transmisi:
    • masih dari GIGA kelas standard power (245PS), ada improvement yang dilakukan khususnya pada rasio transmisi di standard power. Isuzu meningkatkan rasio transmisi pada kelas NEW ISUZU GIGA, khususnya pada rasio gigi pertama, dimana sebelumnya Isuzu GIGA hanya memiliki rasio diangka 6.615 menjadi 9.010, menjadikan NEW ISUZU GIGA tangguh di medan tanjakan terjal.
  • Chassis:
    • NEW ISUZU GIGA mengembangkan chassis baru yang sudah tidak memakai rivet pada bagian atas chassis, sehingga memudahkan customer untuk membuat dan memasang aplikasi pada NEW ISUZU GIGA.
  • Braking System (system rem):
    • Isuzu mengubah sistem rem dari yang sebelumnya AOH type menjadi Full air type. Hal ini menjadikan NEW ISUZU GIGA menjadi lebih safety karena karakteristik Full air yang mengunci ban disaat terjadi kebocoran angin, sehingga hal ini sangat aman bagi pengemudi.
  • Cabin Suspension:
    • Untuk NEW ISUZU GIGA, dengan penggerak 4x2 dan 6x2 isuzu melakukan perbaikan dengan mengganti solid rubber type menjadi fluid dumping rubber, sehingga menjadikan NEW ISUZU GIGA lebih nyaman untuk dikendarai.
  • Seat Suspension:
    • Untuk NEW ISUZU GIGA dengan penggerak 6x4 dan 4x2 (tipe dump truck) dilengkapi dengan seat suspension dan menjadikan NEW ISUZU GIGA sangat nyaman walaupun di medan off-road
  • Wheel, Wheel Pin & Tire:
    • ISUZU GIGA sebelumnya memiliki Disk wheel berukuran 7" dan tebal 12mm, sedangakan NEW ISUZU GIGA memiliki disk wheel berukuran 7,5" dan tebal 14mm, tire size berubah dari ukuran 10.00-20-16PR menjadi 11.00-20-16PR, wheel pin (baut roda) berubah dari sisi jumlah dari 8 buah, menjadi 10 buah. Dengan improvement ini menjadikan Isuzu menjadi lebih awet masa pemakaianya
  • Trunion:
    • Truion di NEW ISUZU GIGA mengalami perubahan dari I Rod type menjadi V Rod type menjadikan NEW ISUZU GIGA lebih stabil.

Variant NEW ISUZU GIGA
Isuzu mengeluarkan beberapa variant NEW ISUZU GIGA, sesuai dengan kebutuhan customer, yaitu;

  • FVR 34 P (N) (Medium Duty truck 4x2)
    • NEW ISUZU GIGA yang sangat cocok untuk segment general transporter dengan aplikasi bak terbuka. Dengan transmisi dengan firs gear ratio 9.010 dan torsi 80.5 kg.m membuat product ini sangan tangguh dimedan menanjak, namun memiliki konsumsi bahan bakar yang tetap effisien.
  • FVM 34 U (N) (Medium Duty truck 6x2)
    • NEW ISUZU GIGA yang sangat cocok untuk segment general transporter, industrial transporter, courier, dan total logistic. Dengan panjang cabin to end 9.8 dan mesin dengan tenaga 245 PS serta torsi 80.5 kg.m, membuat product ini besar ruang muatnya dan effisien penggunaan bahan bakarnya. NEW ISUZU GIGA ini biasa dipakai untuk wing box, Box, open cargo, dan aplikasi yang sedang hits saat ini yaitu refrigerator box.
  • FVM 34 U HP 5.8 (N)
    • NEW ISUZU GIGA ini sangat cocok untuk segment general transporter, total logistic, dan construction. Dengan tenaga 285 PS dan torsi 90 kg.m, product ini mampu melawati berbagai variasi jalan, mulai dari jalan flat jarak jauh dan jalan pegunungan. Product ini biasa dipakai untuk wing box, Box, open cargo, dan hi blow tank.
  • FVZ 34 N HP 6.1 (N)
    • NEW ISUZU GIGA ini sangat cocok untuk segmen mining, construction, oil and gas, dan untuk memenuhi kebutuhan government (contoh untuk mobil pemadam kebakaran dan bak sampah). Dengan beberapa contoh feature yang terdapat pada product ini, seperti seat suspension, full air brake, 11.00, dan common rail. Membuat kendaraan ini tangguh, nyaman, dan irit bahan bakar. Aplikasi yang paling sering digunakan untuk product ini adalah dump.