Mengetahui Kesehatan Mesin Diesel Lewat Warna Asap

Jika Anda memiliki kendaraan diesel, baik truk maupun kendaraan penumpang, ada baiknya lihat warna asap yang dikeluarkan dari knalpot. Nah, warna asap yang keluar bisa menjadi indikasi kondisi kesehatan mesin tersebut. Cara ini adalah bagian dari inspeksi dini, agar Anda bisa mengambil tindakan untuk menghemat biaya perbaikan di masa mendatang.

Banyak faktor yang mempengaruhi warna asap kendaraan yang berpengaruh pada efisiensi bahan bakar lantaran emisi karbon yang berlebihan. Jika Anda memiliki kendaraan diesel yang sehat, seharusnya tidak akan mengeluarkan kepulan asap yang pekat. Namun, kepulan yang keluar akibat Anda menginjak pedal gas terlalu dalam, adalah hal yang normal secara teknis.

Jika Anda masih menggunakan mesin disel lawas, wajar apabila hal tersebut terjadi. Tapi jika sudah menggunakan mesin diesel terkini, seharusnya tak ada kepulan asap pekat. Menurut Reiner Tandiono, Departement Head Isuzu Training Center Indonesia, warna hitam pekat biasanya terjadi pencampuran bahan bakar terlalu banyak atau terlalu boros.

Sebaliknya, jika warna asap putih, biasanya bahan bakarnya terlalu sedikit, bahan bakar tidak bagus, atau tercampur oli. Maka, hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan adalah melakukan pengecekan pompa injeksi, injektor serta filter bahan bakar.

Yang jelas, jika suplai solar terlalu banyak bisa menyebabkan injektor atau filter menjadi mampet sehingga mengganggu kinerja dan menyebabkan mesin mengeluarkan asap yang sangat pekat. Yang jelas, jangan lupa untuk melakukan cek dan service bengkel resmi Isuzu untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.