Mengenal Teknologi Isuzu Hybrid Diesel

Sejatinya kendaraan hybrid dirancang untuk mewujudkan polusi rendah dan penghematan energi melalui dua sumber penggerak. Dalam kaitannya, Isuzu menciptakan Elf diesel hybrid yang sanggup mencapai tingkat emisi CO2 lebih baik dan efisiensi bahan bakar tinggi. Cara kerjanya, mirip dengan mesin hybrid bensin. Namun bedanya terletak pada rasio kompresi yang tinggi sehingga menghasilkan torsi besar dibanding mesin bensin.

Untuk diketahui, Isuzu Elf diesel hybrid menggunakan sistem hasil dari R&D Isuzu sendiri, yang dioptimalkan untuk jenis light truck. Sistem ini mencapai penghematan bahan bakar yang sangat baik dibandingkan dengan kendaraan hybrid lainnya, dan durabilitas yang bagus. Isuzu Elf hybrid memiliki beberapa fitur sebagai berikut:

  • Sistem hybrid ini menggunakan jantung mekanis diesel berkode 4HL1. Untuk bergerak, Isuzu memakai mesin diesel, plus sokongan dari motor listrik. Kemudian keduanya dipadukan menggunakan transmisi otomatis Smoother-E, memungkinkan kendaraan punya energi regeneratif tinggi dan pemindahan gigi otomatis yang halus serta hemat bahan bakar.
  • Penggunaan jenis baterai yang berbeda. Untuk pertama kalinya pada jenis kendaraan light truck, baterai Lithium-ion digunakan untuk menyediakan daya yang 3 (tiga) kali lebih lama daripada jenis hydrid yang pakai baterai logam nikel.
  • Menggunakan sistem penggerak paralel jenis PTO (Power Take-Off). Keunggulannya adalah, jika terjadi kegagalan pada sistem hybrid, motor listrik dan engine dipasang pada poros yang berbeda. Jadi Anda masih bisa mengemudi dan melanjutkan perjalanan hanya dengan mesin diesel, tanpa gangguan pada driveline mesin.