Test Drive: Kelebihan Desain Isuzu Traga

Hadirnya Isuzu Traga bisa menjadi angin segar bagi pelaku usaha yang membutuhkan kendaraan medium pick-up. Pernyataan di atas bukan tanpa alasan yang mendasar. Jika dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya, Isuzu Traga mengantongi berbagai kelebihan. Mulai dari harga yang kompetitif (Rp 190 juta OTR jakarta), desain anyar, hingga kepraktisan yang ditawarkan.

Tak sekadar data di atas kertas, pembuktian menguji Traga dilakoni dengan mencobanya langsung dari markas Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Jakarta Utara, menuju Puncak via jalur alternatif Cisarua. Namun sebeum melangkah lebih jauh lagi soal Isuzu Traga, ada baiknya kita mulai bahas dari desain eksterior.

Jika Anda bosan dengan kendaraan jenis medium pick-up yang seperti “itu-itu saja” maka jawaban yang tepat adalah dengan menengok desain fascia Traga: modern, gagah, tampak lega nan tangguh. Garis tarikan dari grille hingga ke atas mobil tidak kaku, dengan sedikit lengkungan sehingga udara mengalir lebih baik saat kendaraan bergerak.

Desain yang disuguhkan lebih realistis, sebagaimana kendaraan pekerja. Isuzu Traga (ekstra lega, Red) memiliki dimensi yang sangat besar di kelasnya dengan panjang 2.810mm dan lebar 1.620 mm, plus cargo space 4,6meter persegi. Adapun untuk bak belakang sanggup menampung 60 galon air dan benda lain dengan bobot maksimal 1,5 ton. Dan baiknya tidak membawa beban berlebih dari aturan, demi faktor keamanan berkendara dan usia pakai Traga yang lebih lama.

Nah, jika dibandingkan dengan rival, Isuzu Traga sanggup memuat o,3 ton lebih banyak dan yang jelas jauh lebih lega. Masih soal kelebihan eksterior. Kendaraan ini sudah dilengkapi dengan snorkel panjang. Jadi, sangat aman jika kendaraan harus melibas banjir atau melahap medan berair.

Kemudian kepraktisan lain adalah letak aki mobil yang berada di samping, dekat dengan snorkel. Artinya, jika si pengemudi ingin mengecek atau ingin melakukan perawatan aki, tentu akan mempermudah. Posisi aki dan snorkel adalah nilai posistif Traga, yang tak dimiliki kendaraan lain di kelas ini.

Harga                          Rp 190 juta (OTR Jakarta)

Kapasitas Mesin         2.5 L

Tenaga                        80 Ps

Torsi                            191 Nm

Transmisi                    Manual 5-speed

Dimensi                      2.810mm X 1.620 mm (cargo space 4,6m2)

Bobot                          2.950 Kg

Radius Putar               4,5 meter