Test Drive: Lapang dan Kepraktisan Isuzu Traga (Part 2)

Setelah bagian interior, mari kita tengok kabin Isuzu Traga. Di dalamnya, Traga bisa memuat tiga orang penumpang: satu pengemudi dan dua penumpang di sebelah kiri. Lantas apa saja yang ditawarkan? Baiklah, jika Anda memasuki ruang kabin, atmosfir yang kentara adalah ruang yang lapang.

Saat Anda duduk di jok pengemudi, Isuzu Traga mempunyai pandangan ke depan yang lebih tinggi dan luas. Letak lingkar kemudi juga sangat pas, untuk membantu posisi berkendarara yang nyaman. Tuas transmisi juga terpisah dengan lingkar kemudi, sehingga selain posisinya mempermudah pengemudi, juga tidak membuat tangan kiri pengemudi mudah lelah.

Jika pengemudi jengah dengan kondisi lalu lintas yang padat atau jauhnya perjalanan, tersedia head unit single din yang sanggup memutar CD, MP3, Aux, DVD, FM Radio dan USB. Sebagai kendaraan pekerja, fitur hiburan dan kualitas audio yang diberikan sudah lebih dari cukup.

Lantas bagaimana dengan AC mobil? Isuzu Indonesia menjualnya memang tanpa AC, namun perusahaan sudah membekalinya dengan blower. Jika Anda mau memasang pendingin, bisa lewat karoseri dan siapkan dana sekitar Rp 12 juta. Harga ini bukanlah patokan mengikat, namun sebatas estimasi.

“Sebetulnya jika mau pasang AC bisa saja. Tinggal pasang kompresor, AC bisa berfungsi. Tapi rata-rata pemilik mobil pick-up atau pelaku usaha kurang berminat. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Selain menambah biaya operasional, pemasangan AC juga bikin boros bahan bakar,” ujar Benny Dwyanto, Product Marketing Department Head IAMI.

Untuk diketahui saja, saat AC terpasang pada kendaraan, maka daya mesin yang tersedia akan terpangkas sekitar 7%. Belum lagi jika kendaraan melaju di jalan tanjakan plus muatan yang tak sedikit. Jadi, sebaiknya pikirkan terlebih dahalu sebelum Anda memasangnya.

Saat Anda memasuki kabin Isuzu Traga, nilai positif lain yang diberikan adalah kekedapan suara. Namun pastikan juga jendela sudah tertutup rapat. Kemudian ketika Anda memasukan kunci mobil dan menyalakan mesin, jantung mekanis berkode 4JA1-L, 2.5L langsung bekerja dengan lancar, tanpa menimbulkan goncangan atau getaran keras pada body kendaraan.

Perlu diketahui juga, pada Isuzu Traga sudah memakai digital & analog meter cluster yang menampilan kapasitas bahan bakar (digital) dan jarum perputaran mesin (rpm). Jadi pengemudi tahu, kapan putaran mesin tinggi dan harus memindahkan gear agar konsumsi bahan bakar terjaga. Tak lupa, pada Traga juga tersedia tempat dua minum di bawah blower. Sementara pada produk lain tak tersedia hal tersebut.

Harga                          Rp 190 juta (OTR Jakarta)

Kapasitas Mesin         2.5 L

Tenaga                        80 Ps

Torsi                            191 Nm

Transmisi                    Manual 5-speed

Dimensi                      2.810mm X 1.620 mm (cargo space 4,6m2)

Bobot                          2.950 Kg

Radius Putar               4,5 meter