Teknik Mengontrol Emosi Kala Mengemudi

Untuk lebih melengkapi kemampuan pengemudi, kenali juga faktor "mental". Kemampuan mengemudi seseorang ada lima (5) grade: Green, Basic, Defensive, Safety, Advance. Kita ada di posisi yang mana? Hanya Anda sendiri yang tahu. Namun secara umum, akan terlihat dari gaya dan perilakunya pada saat mengemudi. Artinya semakin tinggi grade pengemudi maka semakin baiklah mentalnya.

Bermula dari banyaknya rintangan, kemacetan, ruang gerak terbatas, toleransi antar pengguna jalan kurang, akan berdampak mengemudi menjadi terburu-buru. Ingin segera sampai tempat tujuan, juga membuat pengemudi tidak dapat perfikir positif, logika & rasa malu dilupakan sehingga mengemudi secara asal, semaunya dan agresif.

Apa yang harus kita pahami? Untuk mengemudi dengan aman, berikut ini panduan yang disampaikan oleh Sony Susmana, instruktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI):

  1. Perasaan Anda dapat mempengaruhi sikap Anda dalam mengemudi.  
  2. Lepaskan/hilangkan emosi berlebihan (gembira, sedih, marah) pada saat mengemudi.
  3. Mengemudilah dengan emosi yang stabil, jangan biarkan emosi yang mengontrol kendaraan Anda.

Teknik Mengontrol Emosi

  1. Jangan bereaksi apabila ada provokasi dari luar dan dalam kendaraan.
  2. Jangan terpancing melakukan hal-hal yang negatif.
  3. Berpikiran panjang dan pikirkan resiko terjelek.
  4. Hindari kemacetan dengan melakukan pemilihan reute yang benar atau mampir ke rest area.
  5. Bantu dengan menyetel/mendengarkan lagu yang memiliki beat atau irama yang membuat Anda merasa nyaman.

Yang tak kalah penting adalah pastikan jumlah penumpang sesuat aturan. Penumpang harus disesuaikan dengan jumlah safety belt, artinya seluruh penumpang harus menggunakan safety belt dan penumpang tidak boleh melebihi kapasitas. Kendaraan 7 seater berarti isi maksimal 7 penumpang, tidak boleh lebih walaupun bisa memuat 9 penumpang.

Saat mengemudi, hindari internal distraction yang datang dari dalam (suasana, kelebihan muatan, anak-anak, mual, musik). Jumlah dan banyaknya barang bawaan sebaiknya sudah di persiapkan & disepakati sejak awal, sehingga baik penumpang & barang tertata secara aman didalam cabin.Mudik adalah acara yang bersifat santai untuk kepentingan bersama, tanggung jawab bersama dan selamat sampai ketempat tujuan bersama. Sehingga perlunya melibatkan penumpang dalam mengatur kenyamanannya. Selamat mudik teman Isuzu! Tetap mengemudi dengan penuh tanggung jawab ya..