Antisipasi Kondisi Lapangan Sebelum Mudik Pakai Mobil

Tren mudik dengan kendaraan pribadi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Mobil semakin diminati dan menjadi pilihan utama, khususnya bagi pemudik yang telah berkeluarga. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bahkan memprediksi, kenaikan menggunakan kendaraan pribadi akan mencapai 30,44% (year on year).

Agar tahun ini mudik Anda terasa nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya jika Anda merundingkan terlebih dahulu dengan anggota keluarga atau calon penumpang sejumlah perihal mudik. Pertama carilah reute, maksudnya cari informasi melalui media cetak serta electronik, arah mana yang paling aman dari banyak hal (longsor, jalan pecah/retak, pohon tumbang, penerangan jalan).

Carilah celah atau kondisi jalan yang  masih relatif lancar dan kondisi infrastruktur jalannya baik, putuskan secara musyawarah agar segala persiapan dan kendala yang terjadi nantinya sudah disepakati bersama. Hal ini juga akan meminimalisir gesekan antara penumpang dengan pengemudi.

Pastikan reute yang dipilih sudah dilengkapi beberapa fasilitas yang tersebar, seperti: pombensin, masjid & rest area, bengkel posko, posko polisi. Tentukan jam keberangkatan (pagi/siang/malam), sesuaikan dengan kemampuan, keamanan dan kenyamanan pengemudi dan penumpangnya. 

Jika Anda melakukan perjalanan malam hari, memang mempunyai keuntungan. Misalnya saja tidak terkena panas atau terik sehingga tidak cepat lelah. Akan tetapi, mudik di malam hari juga memiliki kekurangan jarak pandang yang terbatas, silau sorot lampu dari kendaraan berlawanan, rambu lalin susah terlihat. Kadang resiko salah jalan lebih besar.

Untuk diketahui, kendalanya seorang pengemudi adalah malam (jam manusia tidur/istirahat). Saat mengemudi malam berarti Anda bekerja(mengemudi, Red),menentang siklus tubuh manusia dan melakukan hal diluarkebiasaan. Atur manajemen waktu Anda, kapan saatnya istirahat agar mengemudi dalam kondisi badan yang prima.

Kalau tetap mempertahankan perjalanan malam hari, pastikan membawa pengemudi cadangan, jaga jarak dan selalu berkomunikasi dengan pengemudi lain menggunakan sorot lampu serta klakson.