Cek Kondisi Mobil Agar Mudik Makin Asyik

Mudik atau "mulih ndisik" dalam bahasa Jawa, sudah menjadi tradisi tahunan yang paling ditunggu. Beragam cara dilakoni demi pulang ke kampung halaman. Jika Anda mudik menggunakan mobil, ada baiknya perhatikan hal berikut yang disampaikan oleh Sony Susmana, instruktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

"Kalau kita cerdas maka kita akan belajar dari acara mudik yang dilakukan tahun sebelumnya. Atur acara mudik yang baik agar semuanya lancar tanpa hambatan berarti, seperti: tabel rencana, kebutuhan dan handicap/hambatan apa saja yang kemungkinan terjadi. Lalu kelompokkan dalam tiga aspek: kendaraan, manusia, lingkungan" paparnya.

Berikut ini adalah panduan beberapa hal  yang harus dilakukan sesuai dengan jadwal dan prioritas. Persiapkan kendaraan jauh-jauh hari, dengan pertimbangan: waktu, biaya, keterbatasan spare part, dan jadwal antri pada bengkel resmi. Lakukan melalui pengecekan dengan dua metode.

Pertama, pengecekan secara pribadi. Kenali kelemahan kendaraan Anda yang ada dan yang berpotensi timbul dikemudian hari. Yang kedua adalah pengecekan kebengkel resmi Isuzu terdekat. Cek secara menyeluruh dan laporkan apabila ada kelemahan lain yang sudah dilakukan secara pribadi. Lakukan pengecekan pada:

  1. Mesin : Pastikan performanya masih baik, cairan yang ada masih mampu bekerja maksimal, minim kebocoran, V-belt dan soket listrik.
  2. Lampu : Penting diperhatikan untuk alat berkomunikasi dan membantu pencahayaan saat mengemudi di malam hari.
  3. Ban : Lihat bagaimana kondisi tapaknya, rata atau sudah termakan sebelah?  Usia pakainya? Tekanan anginnya?
  4. Komponen : Cek komponen kestabilan & kenyamanan pada kendaraan yang berhubungan dengan ban, shockbreaker, balljoint, tierod, arm dan lainnya. Pastikan pula wheel alighmnetnya 0.
  5. Rem : Pastikan kondisi kampasnya masih baik, tidak ada kebocoran minyak rem serta sistem safety feature ABS, ABD, BA (bila dilengkapi) berfungsi normal.
  6. Tools dan P3K : Pastikan lengkap dan bila perlu tambahkan beberapa alat, seperti: senter, sikring, strapper, pemadam api, kainlap dan hal yang menurut Anda penting.
  7. Modifikasi : Agar mudik tak bosan, boleh lakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan keamanan serta efisiensi. Misalnya saja: roofrack, TV cabin, lampu tembak tambahan, kaca riben gelap, parfum cabin dan lainnya.
  8. Dokumen : Lengkapi dokumen pentin, seperti: surat-surat kendaraan, peta/reute, GPS, nomer telpon penting.