Isuzu Kuasai Banyak Pasar Global

Isuzu telah menunjukkan keunggulan kompetitifnya sekali lagi, sebagai best selling brand di banyak pasar global pada 2017. Torehan tersebut berdasarkan angka penjualan yang dikompilasi oleh perusahaan baru-baru ini.

Di Jepang, N Series, yang dikenal secara lokal sebagai Isuzu Elf, mampu menjaring pangsa pasar 39,7% untuk segmentasi truk dengan muatan di atas dua hingga tiga ton. Hal ini turut memperpanjang serangkaian capaian selama 17 tahun berturut-turut dan selalu menjadi No. 1 kecuali di tahun 1970.

Di Hong Kong, Isuzu menduduki semua pasar truk (3,5 – 38 ton GVW) dengan pangsa pasar 59,7%, memperpanjang capaian sebagai merek No. 1 selama 38 tahun. Inilah salah satu yang terlama di antara Isuzu Group. Distributor Triangle Motors merayakan pencapaian pada 2 Februari, dengan sekitar 150 karyawan dan jajaran direksi dari Dah Chong Hong Holdings. Isuzu Chairman, Susumu Hosoi datang dari Jepang untuk memberikan pidato. Dia mengucapkan terima kasih kepada Triangle Motors untuk terus meningkatkan penjualan dan layanan selama kemitraan yang panjang dengan Isuzu sejak tahun 1973.

Di Thailand, Isuzu memiliki pangsa pasar 36,6% sehingga memimpin segmen pick-up untuk pertama kalinya sejak 2005. Hal ini merupakan jerih payah distributor Isuzu, Tri Petch Isuzu Sales yang tak kenal lelah untuk mempromosikan kendaraan Isuzu, yang tangguh dan hemat bahan bakar. Perusahaan meningkatkan kegiatan promosi untuk menandai peringatan 60 tahun penjualan Isuzu di negara tersebut.

Setelah Isuzu merilis D-MAX baru, dengan tampang depan yang didesain ulang pada November lalu, turut membantu Isuzu dalam merebut kembali posisi teratas. Selain itu, Isuzu mengantongi penjualan apik kendaraan komersial dari muatan dua ton selama 44 tahun berturut-turut. Bukti yang luar biasa dari popularitas Isuzu yang terus bertahan.

Di Peru, light duty truck Isuzu (3,5 – 9,35 ton GVW) didistribusikan oleh General Motors Peru mencapai pangsa pasar 18,8%. Mereka memimpin pasar di kategori ini untuk pertama kalinya. Acara promosi berfokus pada tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh pengemudi truk, seperti pasar barang pecah belah. Animo pengunjung sangat baik, saat melihat demo truk Isuzu sembari menikmati hiburan musik. Sebelumnya acara tersebut telah diumumkan melalui media sosial, sehingga turut menciptakan kehadiran yang kuat, demi eksposur yang baik bagi merek Isuzu.

Di Fiji, Isuzu menempati No.1 untuk pertama kalinya dalam kategori pick-up (2,7 ton GVW) dengan pangsa pasar 31%. Kegiatan promosi dilakukan oleh Carpenters Motors dan berkolaborasi dengan Goodman Fielder, perusahaan makanan terkemuka. Kampanye yang menghadirkan lima unit Isuzu D-MAX kepada pelanggan, sanggup menarik 250.000 SPK dan menghasilkan liputan media yang luar biasa. Turut hadir dari Isuzu Motors International Operations (Thailand) saat gala drawing, yang diadakan di Kota Suva pada bulan November.

(Tabel) Pangsa Pasar Isuzu Global di 2017

Asia
Japan L/D trucks (2 – 3 tons*) 40%
M/D trucks (4 tons*) 44%
Buses (2.3 – 2.5 m overall width) 38%
Hong Kong Pickups trucks 60%
Trucks (3.5 – 38 tons) 60%
Malaysia Trucks (from 3 tons) 37%
Philippines C/V (over 3 tons) 52%
Thailand Pickups 37%
C/V (from 2 tons*) 51%

Amerika
Aruba Pickup trucks (1 ton*) 35%
Barbados Pickup trucks (1 ton*) 39%
Trucks 42%
Colombia Trucks (3 – 17 tons) 45%
L/D buses 55%
Chile L/D trucks (3.8 – under 10 tons) 33%
Ecuador Pickup trucks (1 ton*) 56%
L/D trucks 39%
Grenada Pickup trucks (1 ton*) 59%
Jamaica Trucks 41%
Panama Trucks 31%
Peru L/D trucks (3.5 – 9.35 tons) 19%
Trinidad and Tobago L/D trucks (3 – under 10 tons) 55%
United States Cab-over trucks (classes 3 – 5) 75%

Oceania & South Pacific
Australia Passenger pickup vehicles 31%
C/V (from 3.5 tons) 24%
Fiji Pickup trucks (2.7 tons) 31%
Trucks (from 1.5 tons*) 51%
New Zealand C/V (from 5.5 tons) 26%
Papua New Guinea Trucks (from 1 ton*) 56%

Europe
Cyprus Pickup trucks (1 ton*) 53%
Ireland L/D trucks (6.6 – 9.9 tons) 31%
Israel Pickup trucks (1 ton*) 41%
Trucks (6.1 – 12 tons) 46%
Malta Pickup trucks (1 ton*) 76%
Turkey M/D trucks (6.5 – 16 tons) 43%
Ukraine Buses (from 3.5 tons) 33%

Africa
Egypt Pickup trucks (1 ton*) 89%
L/D trucks (4 – 9 tons) 87%
L/D buses (15 – 38 seats) 50%
Gabon Trucks (3.5 – 16 tons) 74%
Kenya C/V (from 3.5 tons) 51%
Mauritius L/D trucks (3 – 8 tons) 38%
South Africa Trucks (from 3.5 tons) 17%
Tunisia Pickup trucks (1 ton*) 66%
Uganda Buses 56%
L/D=light-duty, M/D=medium-duty, H/D=heavy-duty, C/V=commercial vehicles (trucks & buses), *=payload (no *=GVM).

Dibikin Lokal, Isuzu mu-X 1.9 Liter Diluncurkan di Cina
Jiangxi Isuzu Motors (JIM), produsen dan distributor Isuzu D-MAX dan mu-X di China, meluncurkan mu-X 2018 pada 26 Desember. Sekitar 100 orang, termasuk dealer, wartawan dan Isuzu Senior Executive Officer Hinsuke Minami dari Jepang, berkumpul di Grand Hyatt Lijiang di Provinsi Yunnan untuk merilisnya.

Salah satu highlights dalam line-up baru adalah model yang didukung oleh mesin RZ4E, diesel Blue Power 1.9 liter yang efisien menandai debutnya di Cina. Isuzu mu-X baru dilengkapi dengan eksterior dan interior yang didesain ulang yang sesuai selera konsumen lokal. Acara peluncuran bertepatan pula dengan kerja sama antara JIM dan National Geography Cina, sebuah majalah yang membungkus tatanan geografi Tiongkok. JIM akan meminjamkan mu-X baru sebagai mobil ekspedisi majalah tersebut ke daerah-daerah terpencil di Cina.

Sejak memulai debutnya di Cina pada tahun 2015, mu-X buatan JIM telah mendapatkan pujian atas kinerjanya yang kuat, kemampuan off-road dan manuver yang stabil. Untuk mempromosikan model tersebut, JIM mulai memasukkannya dalam reli besar-besaran di Cina pada tahun 2016. Terakhir, mu-X memenangkan empat kali balapan dari lima balapan, termasuk tiga kemenangan di grup T2.2 untuk seri produksi.

Salah satu kemenangan ini berasal dari Dakar seri Cina perdana, yang diadakan di Mongolia pada bulan September, dengan format yang sangat mirip dengan Reli Dakar yang terkenal di dunia. Dalam kemenangan keempat, mu-X memenangkan grup T2.1 untuk kategori modifikasi kendaraan diesel 4x4 di Reli Taklimakan, yang menjelajahi 5.000 kilometer melalui medan gurun pada bulan Juni.

JIM telah menjual sekitar 12.000 D-MAX dan mu-X (gabungan) tahun lalu. Dengan meluncurkan unit baru, diharapkan model mu-X 1.9 liter bisa meningkatkan keseluruhan penjualan kendaraan komersial ringan Isuzu, di pasar Cina yang sedang berkembang.

Isuzus Dipamerkan di Singapura dan Belgia
Isuzu memamerkan unitnya di Singapura dan Belgia. Bahkan mereka menyuguhkan model Isuzu yang serbaguna di pasar masing-masing pada bulan Januari. Dealer Triangle Auto meluncurkan sejumlah truk standar Euro 6 di Singapore Motorshow 2018, yang berlangsung di Suntec Singapore Convention & Exhibition Centre dari 11-14 Januari. Lebih dari 55.000 pengunjung hadir.

Stand Isuzu memamerkan lima truk ringan N series baru, termasuk model NHR87 yang didukung oleh mesin 1.9-liter RZ4E turbo diesel, sasis baru dan suspensi baru. Tampak pula dalam pameran truk Isuzu CYZ dan EXR tractor untuk mewakili jajaran model besar Isuzu.

Sementara di Belgia, distributor Isuzu Benelux menampilkan enam pilihan Isuzu D-MAX 1.9-liter di Brussels Motor Show ke-96. Acara itu berlangsung di Brussels Expo dari 12-21 Januari dan menarik lebih dari 542.000 pengunjung. Pameran tersebut terdiri dari lima model double cab dan satu model extended cab. Masing-masing mewakili aplikasi yang berbeda. Semua model memiliki towing power 3,5 ton dan memenuhi standar Euro 6 yang siap pakai.

(BOX) Kualitas Terjamin: Distributor Curo Motors di Korea Selatan mengadakan seremonial untuk membuka pusat pemeriksaan pra-pengiriman (PDI) untuk kendaraan Isuzu di Pyeongtaek, Provinsi Gyeonggi pada 21 November. Pejabat Eksekutif Isuzu, Yasuyuki Niijima dari Jepang hadir. Isuzu memasuki pasar kendaraan komersial negara itu pada September lalu, melalui Curo Motors. PDI mengantongi luas 20.000 meter persegi. Selain berfungsi sebagai penanganan pengiriman kendaraan, PDI juga digunakan untuk kegiatan pemeliharaan dan pelatihan untuk menyediakan perawatan purna jual yang terjamin.

Debut D-MAX 2018 di Chili
GM Chile merayakan peluncuran mobil tangguh, Isuzu D-MAX 2018 di Santiago pada 12 Oktober. Chili adalah pasar pertama di Amerika Selatan yang memperkenalkan model baru. Di sana unit Isuzu dijual di bawah lencana Chevrolet (General Motors).

Sekitar 50 pelanggan dan perwakilan dealer menghadiri acara tersebut bersama dengan perwakilan Isuzu Group termasuk Yoichi Masuda, Presiden Eksportir pick-up Isuzu Motors International Operations (Thailand).

Pasar Chili memiliki permintaan yang kuat untuk jenis kendaraan ini. Mereka butuh kendaraan andal yang sanggup digunakan dalam industri pertambangan, dengan daya tahan kendaraan tinggi dan kemampuan off-road yang mumpuni. Setelah pembukaan, sesi test-drive diadakan, terutama untuk para pelanggan, yang sudah memesan versi 4x4 terbaru Isuzu D-MAX untuk melakoni pekerjaan on / off-road.

Ke depan, GM Chile berencana untuk melakukan berbagai kegiatan pemasaran D-MAX, termasuk program democar.