IAMI & YDBA GELAR KONTES MEKANIK HBBA

Bekasi – Sebagai salah satu implementasi Catur Dharma Astra, yaitu Menjadi Milik Yang Bermanfaat Bagi Bangsa & Negara, membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dapat diwujudkan dengan langkah awal yang sederhana, yaitu dengan membina dan mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang berada di lingkungan sekitar kita. Melalui pendidikan dan pelatihan, arahan, dan fasilitas yang tepat dan mendukung, maka akan terciptalah sumber daya manusia lokal yang unggul dan lapangan kerja yang baik.

Tekad untuk ikut membangun UKM yang cerdas dan mandiri melalui pendidikan dan keterampilan kualitas kehidupan ini niscaya dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) & Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) turut berperan serta dalam membantu dunia kewirausahaan dengan memaksimalkan pengembangan pengetahuan dan pelatihan keterampilan Sumber Daya Manusia melalui kegiatan Kontes Mekanik "Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA)".

Untuk kedua kalinya, IAMI & YDBA menggelar Kontes Mekanik Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA) di Isuzu Training Center, Jalan Harapan Indah 1, Pondok Ungu II, Bekasi Barat, pada tanggal 13 Januari 2017. Adapun kontribusi PT. Isuzu Astra Motor Indonesia dalam Kontes ini adalah menyediakan fasilitas tempat, sarana, dan prasarana kontes, serta memberikan materi pelatihan kepada para mekanik UKM kontestan HBBA terkait teknologi diesel mulai dari level basic hingga advance dengan menjalani proses karantina, tes tertulis dan tes praktek.

Materi pelatihan tersebut disampaikan oleh Instruktur IAMI Traning Center yang handal dan profesional dengan mengedepankan kedisiplinan, profesionalisme, akurasi, keselamatan kerja dan kualitas. Suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi para mekanik UKM kontestan HBBA dibimbing, dilatih, dibina, dan diuji oleh Instruktur IAMI Training Center yang sering menorehkan prestasinya di ajang I-1 GrandPrix sebagai kancah kompetisi mekanik Isuzu se-dunia. Dimana tahun 2016 Tim Isuzu Indonesia kembali meraih kemenangan dengan mencatatkan prestasi sebagai Juara 1 baik pada kategori CV maupun LCV.

Kegiatan yang merupakan pengembangan kompetensi mekanik bengkel UKM ini dihadiri oleh Ketua Pengurus YDBA Henry C. Widjaja, General Manager Service PT Isuzu Astra Motor Indonesia Rodko Purba, General Manager Spare Part PT Isuzu Astra Motor Indonesia Budhi Prasetyo, Ketua Umum HBBA Heri Cahyono dan para owner Bengkel Binaan YDBA. Di tengah berlangsungnya kontes, dilaksanakan juga Workshop Strategi Bengkel dengan tema “Meningkatkan Penjualan di Bengkel” yang disampaikan oleh Instruktur YDBA, Rusli Lubis.

Kontes Mekanik kedua ini dihadiri oleh 75 Pemilik Bengkel Mitra YDBA. Acara ini meluluskan 10 peserta kontes dari 30 peserta yang mengikuti seleksi. Kesepuluh peserta tersebut, yaitu M. Supriyadi dari Bengkel HRA Jakarta Selatan, Sumarsono dari Pro Tech Motor Cikarang Utara, Agus Supomo dari Bengkel Ciledug Prima Motor Jakarta Selatan, Tri Winarno dari Bengkel Delta Auto Jakarta Barat, Karyo dari Bengkel Family Auto Motor Bekasi, Hen Hen Rohendi dari Bengkel Duta Mitra Auto Bandung, Taunomo Tanoman dari Bengkel KS Motor Cianjur, Sudilar dari Bengkel Karya Putra Ban Cianjur, Hasan Mashudi dari Bengkel Sinar Barito Semarang dan Mardi dari Bengkel Arieputra Tire & Autocare Sragen.

Kesepuluh peserta tersebut telah mengikuti seleksi pra kontes yang diadakan di 3 wilayah, yaitu di Jakarta, Cianjur dan Semarang pada tanggal 28 Desember 2016. Selanjutnya para peserta mengikuti training dan karantina di Isuzu Training Center pada tanggal 9 – 11 Januari 2017. Peserta yang menjadi juara dalam kontes ini adalah mereka yang lulus dan mendapatkan nilai terbaik dalam tes teori, tes praktek engine serta praktek vehicle.

Sesuai dengan sambutan yang disampaikan oleh Budhi Prasetyo, General Manager Spare Part PT. IAMI mewakili Jap Ernando Demily selaku Executive In Charge (EIC) GA-SESR. Beliau berharap agar kontes ini dapat menambah semangat baik kepada peserta maupun penyelenggara dalam memberikan pelatihan melalui program yang mengedukasi dan berpeluang meningkatkan kesejahteraan di bidang pengembangan UKM HBBA. IAMI turut mengucapkan terima kasih atas kepercayaaan dari YDBA untuk memberikan pelatihan maupun pelaksanaan kontes mekanik HBBA selama dua tahun ini.