03 Apr 2024

7 Persiapan Perjalanan Jarak Jauh Selama Mudik

Share

Sebelum memulai perjalanan jauh dengan mobil, penting untuk memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi yang prima. Hal ini tidak hanya untuk kenyamanan selama perjalanan, tetapi juga untuk keselamatan Isuzu Partner dan penumpang lainnya. Dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum berangkat, Isuzu Partner dapat mencegah kemungkinan masalah di jalan. Berikut adalah 7 bagian mobil yang perlu diperiksa sebelum perjalanan jarak jauh:

1. Periksa Mesin dan Oli

Periksa tingkat oli mesin dan pastikan mesin berada dalam kondisi baik. Oli yang kotor atau kurang dapat mengakibatkan gesekan berlebihan pada mesin, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan serius. Pastikan juga untuk memeriksa apakah ada kebocoran oli yang perlu diperbaiki sebelum berangkat.

2. Periksa Ban dan Tekanan Udara

Periksa kondisi fisik ban, termasuk keausan, retakan, dan tekanan udara. Ban yang kurang angin dapat mempengaruhi kinerja mobil dan meningkatkan risiko kecelakaan. Pastikan untuk memeriksa tekanan udara sesuai dengan rekomendasi pabrik atau dalam petunjuk penggunaan kendaraan. Ganti ban kendaraan apabila dirasa bahwa ban yang sebelumnya sudah dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

3. Periksa Sistem Pendingin

Pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik, terutama jika Isuzu Partner melakukan perjalanan dalam cuaca panas. Periksa kadar cairan pendingin dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem pendingin.

4. Periksa Sistem Rem

Rem yang baik adalah salah satu faktor kunci untuk keselamatan di jalan terutama saat perjalanan jarak jauh. Periksa kualitas rem dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem rem. Pastikan juga kualitas cakram dan kampas rem agar berfungsi dengan baik. Hal ini merupakan salah hal terpenting terutama apabila rute yang Isuzu Partner ambil banyak melewati rute gunung.

5. Periksa Sistem Kemudi dan Suspensi

Pemeriksaan sistem kemudi dan suspensi penting untuk menjaga stabilitas mobil di jalan. Periksa apakah ada kebocoran pada sistem kemudi dan suspensi serta pastikan tidak ada komponen yang aus atau rusak.

6. Periksa Sistem Elektrikal

Periksa semua lampu kendaraan, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan lampu sein. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik untuk menjaga pandangan selama berada di jalan, terutama saat berkendara pada malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk.

7. Periksa Bahan Bakar dan Baterai

Pastikan tangki bahan bakar terisi penuh sebelum berangkat. Selain itu, periksa kondisi baterai mobil dan pastikan tidak ada tanda-tanda korosi pada terminal. Baterai yang lemah dapat menyebabkan masalah saat menyalakan mesin, terutama dalam cuaca dingin.

Service Kendaraan & Cek Bengkel Terdekat via Aplikasi MyIsuzuID

Sebelum dan saat melakukan perjalanan, Isuzu Partner bisa lho untuk mengecek bengkel terdekat dari lokasi anda, bahkan bisa juga melakukan booking service untuk Bengkel Isuzu Berjalan (BIB). Semua ini bisa dilakukan melalui aplikasi mobile MyIsuzuID. Untuk mengakomodir kebutuhan Isuzu Partner saat melakukan perjalanan jauh di kala mudik, beberapa lokasi bengkel resmi Isuzu tetap buka dan melayani pelanggan saat libur Lebaran, berikut ini lokasinya:

 
Astra Isuzu - Sunter Jl Danau Sunter Utara Blok O3 Kav 30 Sunter II, Jakarta Utara
Astra Isuzu - Bandung Jl. Soekarno Hatta no 438 D, Bandung, Jawa Barat
Astra Isuzu - Semarang Jl Majapahit 117 Semarang, Jawa Tengah
Astra Isuzu - Solo Jl Adisucipto No 45 Colomadu, Solo, Jawa Tengah
Astra Isuzu - Waru Jl Sawo Tratap No 61C / Jl Raya Waru KM 15 Sidoarjo, Jawa Timur
Astra Isuzu - Denpasar Jl HOS Cokroaminoto No 52 Denpasar, Bali
Astra Isuzu - Palembang Jl Soekarno Hatta No 200 Alang-alang Lebar, Talang Kelapa Palembang
Astra Isuzu - Lampung Jl Raya Hajimena KM 1,4 Pemanggilan Natar Lampung Selatan
 

Apabila sebelumnya Isuzu Partner sudah pernah menggunakan fitur booking service di bengkel Isuzu maka Isuzu Partner dapat memantau status kendaraan dan melihat database history perbaikan sebelumnya. Selain itu, Isuzu Partner juga bisa mendapatkan merchandise! Jadi, jangan ragu untuk mengecek kondisi kendaraan anda sebelum dan saat berangkat mudik, ya.

Melakukan pemeriksaan rutin sebelum perjalanan jauh merupakan langkah yang bijaksana untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan Isuzu Partner di jalan. Selain itu, pastikan untuk membawa peralatan darurat seperti dongkrak, ban serep, dan kit perbaikan ban, serta air minum dan makanan ringan sebagai persiapan tambahan. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Isuzu Partner dapat menikmati perjalanan jarak jauh dengan tenang dan tanpa hambatan.



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2023 | Website Policy and Disclaimer