22 Feb 2021
B30 Terlanjur Bikin Problem, Simak Tipsnya
Share

Ketersediaan bahan bakar biosolar B30 di SPBU-SPBU Indonesia masih menyisakan adaptasi bagi segala pihak. Manakala problem penggunaan bahan bakar ini muncul, maka kerja truk terganggu. Efeknya tentu akan terasa pada jalannya usaha.

Seperti sama-sama diketahui, solar B30 merupakan bahan bakar dengan kandungan 30 persen minyak nabati. Manakala berdiam di tangki dan terpengaruh perubahan cuaca yang drastis serta faktor lainnya, solar B30 kemudian bisa menghasilkan gel.

Gel ini pada akhirnya bisa mempengaruhi sistem suplai bahan bakar. Akibatnya, belanja suku cadang fast moving seperti penyaring bahan bakar pun menjadi sering dilakukan.

Namun pada truk Isuzu, problem tersebut sudah teratasi dengan penggunaan filter bahan bakar ganda. Instruktur Project Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia Thomas A Wijanarka menjelaskan bahwa filter ganda ini masing-masing berbeda ukuran.

"Filter bahan bakar ini ada dua. Yang kedua itu saringannya lebih kecil," ujarnya merujuk pada kerja filter yang kemudian sudah terukur secara masa perawatan.

 

Normalnya, truk Isuzu sekalipun dengan kondisi di atas baru akan berganti filter setiap 20.000 km. Namun dengan catatan, masa penggantian filter tersebut akan lebih sering jika truk digunakan di daerah.

"Kualitas bahan bakar di daerah berbeda. Jadi, filter harus lebih sering diganti," ujarnya coba menjelaskan masa lebih pendek dari masa pakai 20.000 km atau setara 1 tahun pemakaian.

Satu yang mesti dihindari saat gel menumpuk di ruang saringan adalah justru menjebolkan filter.

"Karena dikira tersumbat, filter bahan bakar justru dijebolkan," kata Thomas yang lantas menjelaskan bahwa gel itu kemudian bisa berpengaruh pada injektor bahan bakar.

Perawatan filter menjadi hal yang penting bagi Thomas dalam melakukan edukasi kepada mekanik, termasuk mekanik dari para pengusaha yang memiliki Isuzu.

Program training ini memang disediakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia yang juga dilengkapi Training Center. Program tidak hanya disediakan bagi mekanik, tetapi juga para pengemudinya.

 

Melalui adanya pusat pelatihan tersebut, maka khususnya para mekanik customer bisa diajak ke tempat tersebut. Dengannya, mereka bisa memperoleh edukasi dengan peralatan yang komplet.

"Jika injektor telanjur tersumbat, maka mesin akan pincang. Hal ini membutuhkan alat diagnostik yang tersedia di Training Center. Dengan alat diagnostik, maka akan lebih mudah mengetahui apakah pincangnya mesin karena masalah di injektor, dan mengetahui injector manakah yang tersumbat," tutupnya.

 



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer