06 Dec 2021
Blind Van Isuzu Traga, Ukuran Besar Lebih Mengigit
Share

Meledaknya tren belanja digital dari rumah mendorong pertumbuhan pengantaran barang secara lokal. Di sinilah jenis kendaraan seperti blind van kemudian mengambil peran. Sebagai light commercial vehicle (LCV) yang mulai tren di negara Barat sejak 1920-an, blind van tidak mengandalkan boks besar karoseri. Wujudnya alih-alih adalah mobil empat roda yang area kaca belakangnya adalah panel—yang di masa lampau dimanfaatkan untuk memampang brand menjadi iklan berjalan. Dengan basis mobil empat roda maka ia memang lebih kompak. Sebab, tugasnya nanti adalah mengantar keluar masuk area ruko hingga perumahan.

 

Bisa menjadi iklan berjalan dan kompak. Namun, jika bicara factor kapasitas angkut, maka ia akan menjadi yang terbesar jika itu adalah Isuzu Traga. Menjadi yang terbesar untuk kendaraan angkut roda empat selevel di bawah truk. Begitulah cita-cita yang kami wujudkan di Isuzu Traga.

 

Kendaraan angkut turbo diesel ini kami wujudkan untuk menjawab pilihan terbaik dalam hal efektivitas daya angkut bagi para pengusaha. Daya muatnya kami hitung dari bagian dalam agar bisa segera dibayangkan oleh pengusaha, seberapa besar dan banyaknya barang yang bisa dimasukkan untuk pengantaran dan kebutuhan lainnya. Dari belakang area kursi depan hingga balik tutup pintu, ia punya panjang 2.800 mm, sementara lebarnya 1.520 mm. Adapun tinggi barang yang bisa masuk mencapai 1.200 mm. Bukan cuma daya muat yang secara total adalah 5,2 meter kubik, tetapi ada akses samping yang juga besar.

 

Di samping, aksesnya dibuat selebar 1 meter. Dengan akses pintu tengah lebar, pengantar barang misalnya tidak perlu mengambil paket kiriman dari belakang apalagi jika ukurannya besar. Terlebih lagi jika barang yang akan dikeluarkan berada di tengah. Cukup buka pintu, maka sebuah barang selebar 3 kaki lebih bisa lebih mudah diambil.

 

Dengan begitu pula, kerja pengantar akan lebih efisien secara waktu—melengkapi budaya efisien kami di Isuzu. Soal efisien, kami sudah menomorsatukannya dengan berbagai hal yang menjadi bagian dari spesifikasi kendaraan-kendaraan kami, termasuk untuk Isuzu Traga.

 

"Semua sudah tahulah. Irit banget sih. Tak akuin-lah," ujar Dwi, seorang pengemudi Isuzu Traga di Semarang, Jawa Tengah.

 

Selain menggunakan mesin legendaris 4JA1-L, rasio gigi satunya kami buat berukuran besar, yakni 4.357 untuk memudahkan gerak awal. Namun dengan daya muat terbesar di kelasnya, kami merancang radius putarnya bahkan lebih rendah dari LCGC (4,6 meter), yakni 4,5 meter.

Dengan demikian, ia pun menjadi sebuah blind van dengan keunggulan-keunggulan terbaik di kelasnya.



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer