04 Mar 2022
Bukan Cuma Jago Kandang, Isuzu Juga Moncer di Luar Negeri
Share

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berhasil mencatatkan hasil penjualan yang bagus sepanjang 2021, di mana tahun itu merupakan masa yang sulit karena pandemi Covid-19. Penjualan retail Isuzu tahun lalu tumbuh pesat mencapai 62,7 persen menjadi 27.278 unit. Otomatis pangsa pasar Isuzu juga meningkat menjadi level 24,3 persen di tahun lalu. Isuzu Traga menjadi model paling laris, dengan kontribusi 30,7 persen, kemudian Elf 23,2 persen dan Giga menyumbangkan 13 persen.

“Ini merupakan hasil pencapaian yang bagus di mana tahun 2021 itu merupakan tahun yang sulit buat seluruh industri, termasuk otomotif,” kata Vice President Director PT IAMI Ernando Demily. Bukan cuma jago kandang, Isuzu juga moncer di luar negeri dengan penjualan ekspor mobil Isuzu naik menjadi 41 persen atau menjadi 5.005 unit. Kendaraan yang dirakit Isuzu Indonesia itu diekspor ke tujuh negara, seperti Filipina, Laos, Myanmar, Amerika Tengah, dan Amerika Latin."

Menurut dia, industri otomotif turut dibayangi potensi efek taper tantrum dan isu rantai suplai skala global. Namun terdapat indikasi positif seperti peningkatan harga batubara acuan 2021 dan daya beli masyarakat di tahun yang sama. “Namun kami dapat menangkap peluang dan mencatat performa yang bagus di 2021, bertumbuh jauh lebih baik dibandingkan di tahun 2020 lalu,” ucap Ernando.


 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer