15 Jun 2022
Butuh speed atau angkut bobot, optimalisasi agar bisnis tetap HOT
Share

Isuzu Elf sudah akrab di masyarakat dengan berbagai pilihan. Demikianlah Isuzu membuatnya karena sebagai truk angkut medium, ia siap di dua alam, baik dalam ataupun antar-kota hingga medan berat.

Keunggulan Elf terbaru pada era Euro 4 ini adalah tenaga yang meningkat, tetapi secara bersamaan kami membuatnya irit. Mesin-mesin terbaru terpasang menggantikan yang lama, yakni dari 4HG1-T menjadi 4HL1-TCS (Elf NMR), dan 4JB1-TC menjadi 4JJ1-TCC (Elf NLR). Semua mesin baru ini kini sudah common rail. Tenaga lebih besar didapatkan dari putaran mesin yang lebih rendah dibanding sebelumnya. Jika Elf NLR sebelumnya 100 PS pada 3.400 rpm, maka kini menjadi 120 PS pada 2.600 rpm saja. Adapun NMR dari 125 PS pada 2.900 rpm, kini sampai 150 PS pada putaran 2.600 rpm saja. Dengan suguhan baru yang mematuhi regulasi pemerintah akan standar Euro 4 serta ditambah pula pengalaman Isuzu akan common rail sejak 2011, maka perlu disimak sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih Isuzu Elf yang cocok.  

  TIPE ANGKUT
Apakah bidang usaha yang dijalankan adalah angkutan material, ekspedisi, atau lainnya, maka akan lebih optimal jika menyesuaikannya pada tipe angkut tersebut. Isuzu Elf NMR sendiri adalah truk 6 ban, sementara Elf NLR merupakan truk 4 ban. Jika kebutuhannya adalah heavy duty, maka daya angkut Isuzu Elf NMR bisa diandalkan sebab di antara varian tipe ini, Isuzu menyediakan kemampuan angkut hingga 8,25 ton. Andaikata kebutuhannya adalah truk pengangkut ekspedisi antar-kota yang berarti mengangkut seluruh barang dari satu titik pusat di sebuah kota menuju kota lain, maka tipe NMR 6 ban juga memiliki tipe NMR L yang berbodi panjang 7.015 mm yang artinya memiliki panjang area dari kabin ke ujung belakang 5.400 mm.

MEDAN DAN RUTE
Penggunaan 6 ban pada Elf NMR didukung sasis setebal 6 mm. Terlebih lagi, gear ratio NMR dan NLR memang sudah dibuat besar (5.979) supaya mumpuni di tarikan awal saat membawa beban,sehingga cocok sekali untuk penggunaan lintas kota. Namun untuk kebutuhan dalam kota saja, seperti kebutuhan angkut barang gudang ke toko, atau ekspedisi dalam kota, maka Elf NLR 4 ban lebih cocok dengan panjang total 6.000 mm dan lebar 1.835 yang cenderung ringkas di gang sempit. Baik untuk rute dalam kota maupun medan berat, Isuzu Elf juga didukung fitur-fitur yang lazim dibutuhkan di kabin, seperti blower baru, slot USB charger untuk menjaga daya ponsel demi mendukung fungsi komunikasi pengemudi dan kantor, begitu pula dengan alat pemadam api ringan (APAR), hingga kamera mundur.

SPEED
Speed atau kecepatan disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan untuk mendukung ritase. Dengan medan berat dan daya bobot besar, tentu persoalan kecepatan tidak menjadi pertimbangan. Namun di sisi lain, Elf NLR 4 ban merupakan truk ringan yang dibuat dengan kemampuan kecepatan terbaik, yakni 114 km/jam. Mesin 4JJ1-TCC untuk Elf NLR 4 ban juga berkapasitas 2.999 cc saja karena kebutuhannya yang sesuai dengan medan perkotaan. Jadi, Elf manakah yang pas? Hal tersebut tinggal disesuaikan dengan kebutuhannya. Bagaimanapun, Isuzu siap dengan berbagai pilihan dalam mendukung bisnis para pengusaha sekalian.


 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer