29 Jun 2022
Enak untuk lari, Traga rute Jakarta-Bandung bisa 1,5 jam
Share

Senang rasanya jika ritase meningkat karena mobil angkut yang mumpuni dalam mencapai gol tersebut. Isuzu Traga yang dikemudikan Yitno misalnya. Dalam kondisi terisi barang bawaan, Traga yang ia kemudikan justru terasa makin stabil sehingga menjadi gesit untuk memenuhi order.

Dengan lebih seringnya rute dalam kota di Jakarta, Traga tersebut tidak jarang digunakan keluar kota seperti rute Jakarta-Bandung.

"Enak kalau bawa muatan, di tol rasanya stabil. Iya, jadi pas bagian belakang terisi, malah makin enak," kata pria bernama asli Prayitno ini.

Bicara pengalaman mengemudi, pria paruh baya ini baru 2 tahun belakangan mengemudikan Isuzu Traga. Keunggulan di sisi kestabilan itulah yang menurutnya segera terasa jika bicara komparasi.

Sebelum-sebelumnya, ia mengendarai mobil-mobil angkut sekelas tetapi dengan ukuran lebih kecil. Memang jika bicara ukuran, Traga menjadi yang terbesar di kelasnya.

Panjang area angkut dihitung secara spesifik dari bagian sisi dalamnya adalah 2.810 mm. Sementara itu, kebanyakan panjang area angkut pikap lain tanpa menyebut pengukuran spesifik bagian dalam adalah sekitar 2.500 mm, bahkan lebih kecil dari itu. Namun, dengan ukuran tersebut, menurut pengakuan Yitno, Traga tetap lebih irit dari yang kecil.

"Irit, berasa kalau buat kita. Lebih irit dibanding mobil yang kecil," ujar Yitno coba memberikan perbandingan.

Irit tapi muat banyak dan stabil. Buah dari hasil perhitungan Isuzu ini membuat pengemudinya lebih percaya diri saat mengantarkan barang-barang. Demikian halnya Yitno yang bekerja untuk perusahaan di bidang kaca ini.

"Jakarta-Bandung pernah cuma 1,5 jam. Naik dari tol sini," ujarnya merujuk pintu masuk di Jakarta Outer Ring Road area Jakarta Timur. Sebagai gambaran, rata-rata perjalanan Jakarta-Bandung adalah 2—2,5 jam.

Dukungan turbocharger—apalagi untuk versi Euro 4 bermesin 4JA1-CR common rail VGT Turbo Intercooler—serta kaki depan double wishbone dengan per keong layaknya mobil sport membuat Traga menjadi sigap dan stabil. Tentu kecepatan dan kestabilan ditunjang pula sistem keselamatan, termasuk sabuk pengaman tiga titik tipe retractable atau tarik.



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer