01 Aug 2022
Geliat Bebas Mudik & Pelesir Pariwisata, Saatnya Mikrobus Beraksi
Share

Wati seorang warga Pulogebang, Jakarta Timur, baru saja berlibur ke sebuah tempat wisata di Jawa Barat saat weekdays di Juni 2022 lalu, kala orang-orang sibuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya. Bersama teman-teman arisan, ia bercerita soal perjalanan dan keunikan lokasi wisata.

"Seru tempatnya. Masuknya masih banyak pohon-pohon. Yah, seru-seruannya ibu-ibu arisan," ujarnya lalu tertawa.

Sejak dibukanya kesempatan untuk mudik oleh Presiden Joko Widodo pada musim Lebaran 2022, sektor pariwisata di Indonesia secara bersamaan bertumbuh. Kemenparekraf dalam sebuah laporan menyebut bahwa desa wisata selama libur Lebaran 2022 di Borobudur mengalami peningkatan okupansi hingga 100 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporannya menyebutkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang datang melalui pintu masuk utama pada Februari 2022 mencapai 18.460 kunjungan, naik 151,98 persen dibandingkan Februari 2021. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bahkan menaikkan target.

“Perlu ada shifting target wisatawan ke wisatawan nusantara atau domestik yang diperkirakan sebesar 50-55 juta orang,” ujar Menko Airlangga, dikutip situs resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Kondisi di atas tentu menjadi sebuah peluang bagi para pelaku sektor industri wisata. Tidak ketinggalan, mereka yang ingin memanfaatkan perjalanan dengan menyewakan mikrobus.

Seperti halnya keseruan Wati dan teman-teman arisannya, pergi bersama dalam sebuah mikrobus ibaratnya menjadi ruang bercengkerama berjalan.

Namun, tidak hanya bentuk dan ukuran yang diunggulkan jika bicara mikrobus Isuzu Elf. Sebagai sebuah kendaraan niaga ukuran menengah, aspek-aspek benefit bagi pengusaha dan konsumennya serba dipertimbangkan.

Visibilitas kabin misalnya. Jika Elf pada dasarnya sudah menggunakan desain hexapod yang terasa lega, maka demikian halnya dengan area penumpang.

Dengan panjang total hingga 6,1 meter untuk tipe Isuzu Elf NLR 55B Lx dan Isuzu Elf NLR 71B L, Isuzu menawarkan jumlah kursi hingga untuk 20 orang.

Yang tentu juga menarik bagi pengusaha adalah keiritan Isuzu, khususnya Elf. Bahkan dengan mesin baru, Isuzu Elf NLR 71B L misalnya (mesin 4JJ1-TC direct injection common rail DOHC, 4 silinder VGS turbo intercooler), sudah bisa mendapatkan daya puncak 120 PS cukup pada putaran mesin 2.600 rpm.

Satu lagi adalah soal perawatan. Apalagi di tengah penerapan Euro 4. Dengan jaringan servis dan penjualan yang luas di Indonesia, Isuzu sudah 11 tahun berpengalaman terhadap mesin common rail yang kini juga digunakan di Elf. Jadi, semua keunggulan ini meningkatkan keuntungan bagi yang ingin memanfaatkan bergeliatnya kembali pariwisata Indonesia.



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer