30 May 2022
Power naik, Isuzu ELF malah irit solar
Share

Ada yang mengejutkan ketika kita melihat data spesifikasi di Isuzu Elf terbaru. Seiring dengan penerapan teknologi berstandar emisi Euro 4 di semua kendaraannya, Isuzu juga membuat mesin Elf lebih bertenaga.

Tengok saja data spesifikasi Isuzu NLR sebagai perwakilan truk ringan 4 roda. Jika sebelumnya menggunakan mesin 4JB1-TC dengan tenaga maksimum 100 PS di putaran puncak 3.400 rpm, kini di versi Euro 4, ia menggunakan mesin 4JJ1-TCC dengan tenaga maksimum 120 PS pada putaran mesin 2.600 rpm.

Tak ubahnya dengan Elf 6 roda tipe NMR. Jika sebelumnya menggunakan mesin 4HG1-T bertenaga maksimum 125 PS pada putaran mesin 2.900 rpm, kini NMR Euro 4 menggunakan mesin 4HL1-TCS dengan tenaga maksimum 150 PS pada putaran 2.600 rpm.

Lebih bertenaga, tetapi Elf terbaru bahkan lebih irit. Di mana letak iritnya? Betul! Putaran mesinnya lebih kecil dalam menghasilkan daya yang lebih besar dari sebelumnya.

Dengan putaran mesin yang lebih kecil untuk daya yang lebih besar, maka konsumsi solar lebih efisien dengan hasil tenaga maksimal.

Pertanyaan selanjutnya, mengapa putaran mesin yang lebih rendah cukup untuk menghasilkan daya lebih besar? Coba simak mesin 4JJ1-TCC Isuzu NLR empat roda dan mesin 4HL1-TCS Isuzu Elf NMR 6 roda. Masing-masing bertipe direct injection, common rail, DOHC, 4 silinder VGS turbo intercooler; dan direct injection, common rail, SOHC, 4 silinder VGS turbo intercooler.

Selain dukungan VGS turbo intercooler, kedua mesin ini sekaligus menunjukkan identitasnya sebagai mesin euro 4 karena direct injection terkoneksi dengan common rail direct injection.

Common rail adalah pipa rel bahan bakar bertekanan tinggi untuk menghasilkan pengabutan yang lebih baik dalam pembakaran di mesin diesel. Bahan bakar dari pipa rel ini kemudian tersalurkan ke injektor untuk disuntikkan ke silinder mesin melalui pengaturan komputer engine control unit (ECU).

Sudah tekanan tinggi, terarah melalui injektor, diatur pula oleh ECU. Maka tidak heran jika kemudian bahan bakar yang disemprotkan ke silinder mesin sesuai kebutuhan sehingga makin efisien.



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer