08 Mar 2021
Telusur Jalan Sang Pengemudi, Melaju Berjam-Jam hingga Cerita Unik
Share

Mengemudikan truk di jalan bisa dilakukan berjam-jam. Bermacam tugas dijalankan, tidak hanya siang tetapi juga malam, yang sarat dengan kisah unik.

 

Contohnya adalah Cornelis Ogi. Pengemudi yang bekerja untuk sebuah perusahaan ekspedisi ini memulai aktivitasnya di pagi hari. Tugasnya adalah menyisir paket-paket di tiap cabang jasa pengiriman.

 

"Rutinitas pagi, berangkat, lalu ke cabang-cabang ambil paket," ujar pria berkacamata yang mengemudikan truk berwarna merah ini.

 

Truk yang ia kemudikan sendiri adalah Isuzu Elf NLR 55. Truknya ini baginya cukup efisien.

Kami memang menggunakan mesin 4JB10TC yang menghasilkan tenaga sebesar 100 PS dengan konsumsi yang seefisien mungkin.

 

Ogi sendiri mengakui hal itu. Setiap kali harus jalan memenuhi tugasnya, ia melihat ada yang unik saat menyambangi SPBU.

 

"Irit banget sih. Bisa dilihat waktu isi di SPBU. Beda sama yang lain," aku pria yang tempat kerjanya berada di wilayah Jakarta Selatan ini.

 

Tidak bisa dipungkiri, permintaan akan kebutuhan ekspedisi membeludak seiring peningkatan perdagangan online efek dari pandemi. Di sisi pengemudi truk, mereka dituntut untuk selalu kerja cepat.

 

Alhasil banyak kiat agar tugas tersebut terpenuhi, termasuk kepandaian memilih rute, dan lainnya. Ini seperti juga yang diterapkan oleh pengemudi lain bernama Gomgom.

 

Gomgom—yang juga menggunakan Elf—punya cerita unik karena beberapa kali mendapatkan tugas mengemudi malam. Misalnya saja melihat sosok yang tidak lazim sedang menyeberang.

 

"Tiba-tiba ada orang nyeberang. Sepintas kayak orang biasa. Tapi kalau diperhatiin lagi, badannya kayak enggak utuh. Pas sudah lewat, penasaran lihat lagi lewat spion, eh kok enggak ada," kata dia.

 

Biasa berkutat di jalur Cilincing-Cakung hingga kawasan industri Marunda, Jakarta Utara membuat Gomgom mesti pandai memilih rute. Memang kadang ceritanya seunik itu, lalu lainnya harus pilih jalan demi menghindari kemacetan.

 

"Biasanya kalau udah keluar tol, pilih lewat BKT Harapan Indah," ujarnya menyebut jalur panjang di samping kanal yang cenderung kosong.

 

Pilih jalur yang tepat dan berdoa juga memahami trik saat mengemudi merupakan hal-hal yang sepatutnya dilakukan pengemudi.

 

Bagi kami sendiri, pengemudi-pengemudi dari para costumer pengguna Isuzu mendapatkan dukungan spesial berupa pelatihan.

 

Beberapa pengingat justru menjadi hal penting bagi para pengemudi. Misalnya saja, kami mengedukasi para pengemudi, antara lain "one round check".

 

"Kebanyakan pengemudi mungkin sudah tahu hal-hal ini. Namun, soal pemeriksaan yang dilakukan, terkadang mereka baru tahu fungsinya untuk apa," kata Instruktur Project Training Center kami, Thomas A WijanarkaThomas.

 

Dengan dukungan spesial berupa edukasi ini, pengemudi diharapkan bisa menjalankan truk sebaik dan sefisien mungkin, tanpa mengabaikan unsur keamanan dan keselamatan apalagi emosi di jalan. Sebab, edukasi-edukasi seperti defensive driving juga masuk dalam materi edukasi kami. 

 

 



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer