27 Apr 2022
"Travel Pakai Elf, Bentuknya Keren, Jarang Banget ke SPBU"
Share

Dengan satu tipe kendaraan, sistem karoseri memungkinkan sebuah Isuzu menjadi sebuah kendaraan untuk kebutuhan tertentu. Tak ayal, sebut saja Isuzu Elf, yang sudah punya catatan panjang untuk menjadi sebuah kendaraan angkut penumpang.

Bahkan sejumlah orang kemudian menjadi fans bagi kendaraan-kendaraan niaga Isuzu, sepertinya halnya terhadap Isuzu Elf mikrobus.

"Saya kalau lihat Elf mikrobus tuh gimana yah, kelihatannya itu keren banget. Apalagi kalau buatan karoseri tertentu. Bisa lurus, mulus. Pas banget sama bagian depannya," ujar Muksin, salah satu pengguna mikrobus Isuzu Elf.

Bentuk Elf generasi terbaru dengan bodi hexapod dan bagian depan rata bukan hanya memungkinkan pandangan lebih luas, tetapi juga—seperti digambarkan Muksin—sinkron ketika menjadi sebuah mikrobus untuk kebutuhan travel.

Ia sendiri adalah pengguna lama Isuzu Elf dengan rute Jakarta-Pemalang. Berdasarkan pengalamannya, Elf-Elf yang kerap ia gunakan adalah mobil yang bukan hanya manis secara tampilan tetapi juga jarang masuk ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

"Wah kalau soal irit sih sudah terkenal yah. Terbilang jaranglah masuk SPBU. Mungkin kalau mikrobus lain masuk 3-4 kali, Isuzu Elf mungkin 2 kali," kata warga Bantarbolang ini.

Bicara Isuzu Elf generasi terbaru, ia didukung mesin 4JB1-TC dengan tenaga 100 PS untuk tipe Isuzu Elf NLR 55, dan 4HG1-T dengan tenaga 125 PS untuk tipe Isuzu Elf NLR 71.

Salah satu hal yang memungkinkan penggunaan solar lebih rendah dibanding kendaraan sejenisnya adalah dukungan gear ratio.

Putaran mesin atau RPM-nya tertata rendah dengan penggunaan gear ratio besar di atas 5.000 untuk menangani tarikan awal. Hasilnya, mesin tidak harus sebegitu dipacu saat start.

Efisiensi BBM pun dimungkinkan apalagi jika mengangkut hingga 20 orang seperti di ELF NLR Microbus tipe NLR 55 B Lx dan NLR 71 BL dengan panjang bodi 6,17 meter. Maka tidak heran jika keunggulan-keunggulan ini mengusung nama Elf yang sampai-sampai menjadikannya memiliki fans seperti halnya Muksin.



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer