26 Jun 2020
26 Juni 2020 - Isuzu Ngovid Bareng Forwot
Share

Market Share Isuzu Naik Meski Di Tengah Pandemi

 

Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang untuk seluruh pelaku bisnis di sebagian industri, tidak terkecuali industri otomotif. Berdasarkan data Gaikindo untuk retail sales, market otomotif sampai dengan bulan Mei 2020 ini, market sudah mengalami penurunan sampai 40%, dimana penurunan terbesar ada di segment kendaraan penumpang non sedan, seperti MPV dan SUV. 

Hal ini sedikit berbeda dari pola yang biasa terjadi dengan pergerakan makro ekonomi, dimana biasanya pergerakan terjadi paling besar terdapat di segment kendaraan komersial. Pandemi Covid-19 memiliki domino efek yang bukan saja berdampak dari segi kesehatan, akan tetapi berdampak langsung pada perekonomian Indonesia.

Melihat pola konsumsi masyarakat akan menahan pengeluaran pribadi, mengamankan diri sehingga pengeluaran untuk pembeliaan kendaraan menjadi urutan kesekian. Namun hal ini berbeda dengan segmen kendaraan komersial, sebagai penopang dari pergerakan logistik dan distribusi ditengah pandemi kebutuhan akan logistik tetap dan distribusi retail justru meningkat mengakibatkan pertumbuhan pada segmen bisnis ini. 

Bagaimana dengan Isuzu? Isuzu Indonesia juga mengalami penurunan seperti brand otomotif lainnya. Sampai dengan YTD Mei 2020, Isuzu melakukan penjualan sebesar 6.792 unit, turun 27.9% dibandingkan YTD 2019, dengan market share yang naik dari 2.4% menjadi 2.6%. Walaupun seluruh produk Isuzu mengalami penurunan penjualan, akan tetapi dari sisi market share, Isuzu justru mengalami kenaikan. Seperti Isuzu Traga dengan market share 24.8%, Isuzu Elf di 22.5% dan Isuzu GIGA di 15.5%.

Menurut Attias Asril, General Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia “Kami cukup bersenang karena Isuzu sudah semakin diterima di kalangan para pebisnis logistik. Karena ditengah pandemi, segmen yang masih tetap berjalan seperti segment logistic dan sitributor retail justru tumbuh pesat. Harapan kami Isuzu bisa menjadi partner sejati dalam setiap langkah perjalanan customer menuju sukses dan dengan Isuzu sebagai partner bisnis mereka, kendaraan komersial Isuzu bisa memaksimalkan keuntungan bisnisnya”. 

 

KAMPANYE SOSIAL #BERSAMAISUZU 

SUMBANGKAN LEBIH DARI 100 JUTA RUPIAH

 

Perubahan yang mendadak akibat pendemi COVID 19 ini telah memberikan dampak yang besar terhadap segala sisi kehidupan kita bersama, baik secara professional maupun personal. Kita semua kini harus melakukan segala hal mulai dari belajar, bekerja serta beribadah dari rumah.

Dampak dari pandemi ini berakibat kepada mereka yang kurang beruntung dari segi ekonomi. Isuzu melalui campaign #BersamaIsuzu mencoba mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi pada lingkungan dengan cara yang sederhana yaitu mengunggah foto apapun dengan hashtag #bersamaisuzu di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Setiap 1 hashtag yang terunggah akan Isuzu kumpulkan dan dikonversikan sebagai bentuk rupiah senilai 1.000 rupiah.

Hingga 15 Mei 2020 kami telah mencatat antusiasme masyarakat Indonesia dan terdapat 5.121 hashtag yang telah terunggah. Sebagai bagian dari Good Corporate Governance, Isuzu Indonesia menyalurkan bantuan pada mereka yang berjuang dan berdampak pada virus Corona.

Hingga saat ini, Isuzu sudah menyalurkan ke beberapa pihak berupa bantuan sanitizer, disinfektan dan multi vitamin ke 

  1. Gugus tugas percepatan penangan Covid 19 Kabupaten Karawang
  2. Puskesmas Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang
  3. Masyarakat Desa Mulyasari Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang
  4. Gugus Tugas Covid 19 Kota Bekasi

Selain itu juga akan memberikan paket sembako sejumlah 650 paket yang dibagikan secara berkesinambungan kepada warga di Kab. Karawang disekitar Isuzu Karawang Plant. Tidak hanya Isuzu Astra Motor Indonesia selaku APM yang bergerak, namun seluruh dealer – dealer Isuzu di seluruh Indonesia juga melakukan aksi – aksi CSR serupa yang pada tujuannya sama yaitu membantu dan melawan persebaran virus Corona.

Dealer kami Astra Isuzu di Palembang, Lampung, Surabaya, Medan, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Manado, dan Dealer Karya Zirang di Semarang juga membagikan masker, hand sanitizer, multivitamin dan paket sembako kepada para supir dari customer Isuzu yang masih terus berjuang bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhan logistik masyarakat 

Sampai saat ini total CSR Isuzu Indonesia seluruhnya telah mencapai lebih dari 100 juta rupiah, dan kami berharap kontribusi kami terus memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, karena kami yakin Bersama Isuzu kita bisa melewati pandemi ini. 

 

 
Puti Annisa 
Marketing Communication PT. Isuzu Astra Motor Indonesia
 
mobile: +6287789302227/ 
email: [email protected] 
PT. Isuzu Astra Motor Indonesia. Jl. Danau Sunter Utara Blok O3 kav 30.
Sunter II. Jakarta Utara 14360
 
 
 


 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer