31 Oct 2022
3 Tips untuk Memulai Bisnis Mobil Jemputan Sekolah
Share

Jika kita berprinsip bahwa masalah perlu disikapi dengan solusi yang bisa berbuah bisnis. maka ada banyak hal yang bisa dilirik. Salah satunya adalah antar-jemput anak-anak sekolah.

Antar-jemput sekolah tentu menawarkan efisiensi waktu bagi orang tua. Jasa ini juga meminimalkan kemacetan di akses sekitar sekolah pada jam-jam sibuk karena sekelompok anak sudah diantarkan dan dijemput pulang dalam satu kendaraan dalam satu waktu. Begitu pula keuntungan seperti rasa aman bagi orang tua karena kepastian, dan lain-lainnya. Tidak menutup kemungkinan jika kita memiliki ide-ide lainnnya sebagai layanan ekstra sebagai daya tarik jika kita bergerak di bisnis ini.

Untuk memulainya, setidaknya ada tiga hal yang bisa menjadi pertimbangan. Ketiga hal tersebut bisa digeneralkan pada rute dan jadwal, operasional, serta aset kendaraan.

  • RUTE DAN JADWAL

    Apakah sudah menentukan sekolah yang akan menjadi tujuan untuk jasa kita ini? Jika sudah, maka pertimbangkan rute yang dilalui hingga jadwal keberangkatan dan kepulangan.

    Terlebih lagi jika daerah sekitar terkenal dengan kemacetannya. Dengan pemilihan rute dan jadwal, hal ini juga berefek tidak hanya pada efisiensi waktu tetapi juga bagaimana mengatur biaya operasional.

  • BIAYA-BIAYA

    Penentuan biaya ini tentu cukup kompleks. Kita tentu harus mempertimbangkan biaya operasional seperti bahan bakar dan biaya pengemudi. Lain dari itu, bisa juga ada biaya seperti untuk sekolah karena keterlibatan jasa kita, mungkin juga uang parkir, serta mungkin juga untuk biaya keluar-masuk kompleks.

    Untuk biaya bahan bakar, pemilihan rute turut mempengaruhi, dan tentu saja efisiensi dari bahan bakar kendaraan. Perlu diingat, untuk saat ini biaya bahan bakar per liter yang paling hemat adalah solar, yakni Rp 6.800 per liter selepas penyesuaian September 2022 lalu.

  • ASET KENDARAAN

    Kendaraan apa yang akan digunakan untuk jasa kita ini? Untuk kendaraan seperti mikrobus Elf NLR yang bisa memuat 20 orang, maka jumlah anak yang diangkut memadai. Mikrobus yang memiliki kaca dengan visibilitas baik, untuk depan maupun belakang, ini memudahkan pengemudi dalam mengendarai sebuah mikrobus, termasuk saat parkir atapun mundur.

    Terkenal karena efisiensi solarnya, produk Isuzu ini juga didukung oleh jaminan suku cadang di jaringan Isuzu Astra selain juga dukungan-dukungan seperti Bengkel Isuzu Berjalan jika menghadapi kendala teknis di jalan atau di lokasi lainnya.



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer