29 Aug 2022
Bisnis Logistik Meroket, Isuzu Elf Tawarkan Peluang Bisnis Menarik
Share

Mudahnya klik-klik komputer dan ponsel saat berbelanja, secara bersamaan, memutar roda-roda logistik yang bergerak sedemikian dinamis di belakangnya. Hal tersebut tergambarkan dari catatan Badan Pusat Statistik bahwa sektor transportasi dan pergudangan tumbuh 15,79 persen pada kuartal I 2022.  

Ingin ikut terjun di sungai nan segar industri ini? Bukan hanya ikut, kita juga bisa menyadari bahwa pengembangannya bisa lebih jauh. Artinya, selain di lingkup sejenis, menarik juga untuk melihat peluang-peluang lainnya.  

Contoh menariknya adalah J&T Cargo. J&T yang sudah populer sebagai jasa logistik ini mengembangkan layanan pengiriman yang lebih spesifik di tengah tren tersebut, yakni pengiriman partai besar bagi peritel perdagangan online.  

Memanfaatkan armada Isuzu Elf, J&T Cargo fokus pada pengiriman paket dengan ukuran dan volume besar. Mereka akan menjangkau pengiriman ke semua wilayah di Indonesia.  

“Kebutuhan pasar kargo di Indonesia terus meningkat. Salah satunya dipicu dengan meningkatnya pelaku bisnis dan pengguna transaksi e-commerce. Pengiriman yang efesien menjadi faktor penting, khususnya pengiriman kargo dengan berat maupun volume besar," ujar Jonathan Zhong, CEO J&T Cargo.  

Perhitungan cermat kemudian diterapkan. Selain pemilihan truk Isuzu Elf dengan spesifikasi sesuai sebagai alat kerja sekaligus aset, mereka mengusung tagline “Paket Besar, Cari J&T Cargo” dan juga sistem kesepakatan dengan konsumennya, seperti Service Level Agreement dengan estimasi waktu pengiriman 1-3 hari.  

Dengan perjalanan panjang antar-kota bahkan cakupan seluruh Indonesia, Isuzu Elf sendiri dibuat dengan mempertimbangkan kenyamanan pengemudi karena kabin lega. Sebab, nyaman juga bertalian dengan keamanan. Jika truk sejenis punya lebar 1.750 mm, Isuzu ELF NMR—sebagai contoh—memiliki lebar 1.990 mm atau bahkan lebih.  

Efisiensi BBM yang ditunjang teknologi, yang terkenal antara lain lewat torsi rata racikan Jepang, hingga jaringan Isuzu untuk menunjang ketersediaan suku cadang dan perawatan; semua ini menjadi pertimbangan penting dalam memiliki Isuzu Elf sebagai alat kerja sekaligus aset.  

Tak ubahnya dengan kebutuhan karoseri. Isuzu mendukung pengurusan lebih cepat, hingga tercapainya tahapan surat keputusan rancang bangun (SKRB) untuk memperoleh sertifikat uji tipe kendaraan bermotor (SRUT) sehingga unit berikut karoseri boleh digunakan di jalan raya.

Dengan pertimbangan ide pengembangan yang menawarkan jasa pengiriman dengan estimasi 1-3 hari seperti J&T Cargo, maka pemanfaatan Isuzu menjadi penting. Sebab, selain ketersediaan suku cadang dan perawatan yang ditawarkan jaringan Isuzu, hadir juga layanan-layanan seperti Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) berupa kendaraan dukungan yang siap datang ke lokasi, bahkan untuk menangani turun mesin sekalipun.



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer