karoseri, truk, isuzu
18 Jan 2021
Getok Tular, Usaha Karoseri Segala Punya SKA Cerita soal Klop dengan Isuzu
Share

Truk boks, trailer, bus, mikrobus, mobil LPG, segala tipe karoseri meluncur dari balik dapur kerja PT Sumber Karya Abadi di Jawa Timur. Berkantor di Driyorejo, Gresik, perseroan dengan singkatan SKA ini menyebut bahwa mereka siap sedia membuat segala karoseri.

 

"Fokus kami di karoseri dan konstruksi. Truk boks, tangki, trailer. Pokoknya kalau ada truk belakangnya kosong, mau dibikin apa, rasanya saya bisa semua. Hehehe," canda Agustin Fitasari, pemilik Sumber Karya Abadi.

 

Getok tular kemudian menjadi istilah yang membawa usaha Agustin Fitasari atau disapa Fita untuk siap dengan segala kebutuhan truk tersebut. Hal ini pula yang membawanya pada Isuzu.

 

"Awalnya ada permintaan customer, kami kerjakan. Kalau bagus, kan bahasanya getok tular (info mulut ke mulut). Dari situ ada order dari tempat kami. Sebagian besar memang Isuzu. ATPM (Isuzu) kemudian melihat, banyak unitnya dikerjakan oleh SKA," ujarnya.

 

Kedekatan ini bertepatan dengan adanya penerapan baru dari pemerintah. Sekitar tahun 2015, ia bercerita, pemerintah mengeluarkan peraturan baru bahwa usaha yang bisa mengerjakan karoseri diharuskan memiliki sertifikasi bernama SKRB atau surat keputusan rancang bangun.

 

Keberadaan Isuzu sendiri mempermudah kesesuaian dengan SKRB. PT SKA, ujarnya, kemudian berjuang walau nilai per sertifikatnya menelan biaya Rp 35 juta. Sebab, pengerjaan jadi mudah dan dengannya usaha jadi bergerak.

 

"Jadi, bak kayu harus punya sertifikat, tangki juga. Saat ada kebutuhan tipe truk apa, kami punya sertifikasinya. Jadi cepat pengerjaannya. Sementara lainnya bisa satu tahun tidak jadi-jadi karena memang izinnya tidak ada," kata dia.

 

Dengan komposisi pemesanan lima puluh persen repeat order, dan lima puluh persen lagi baru, termasuk informasi dari dealer, PT SKA jadi lebih mudah bergerak termasuk di era pandemi.

 

"(Kebutuhan truk karoseri) ekspedisi tahun ini sedang benar-benar bagus untuk masa pandemi sih. Pertumbuhan untuk karoseri, 60-70 persen boks semua. Yang luar biasa juga mobil bak LPG, baik kayu maupun besi," ujarnya.

 

Kerja sama sekitar 7-8 tahun dengan Isuzu tidak hanya dirasakan dalam hal-hal di atas. Di sisi lain, pesanan karoseri khusus untuk Isuzu juga lahir lantaran klien-nya memang maunya Isuzu.

 

"Ada beberapa customer yang minded merek tersebut. Biasanya truk untuk dump truck itu testimoninya truk tersebut kuat, andal di medan berat. Saya memang suka ngobrol dengan klien. Tak tanya-tanyai testimoninya," candanya dengan logat khas Jawa Timur.

 

Ia juga bercerita kalau kliennya yang khusus truk boks bilang bahwa truk Isuzu irit BBM dan larinya kencang.

 

Satu lagi yang menjadi benefit bagi SKA, menurutnya, adalah kegiatan-kegiatan berbagi ilmu berupa kunjungan ke perusahaan.

 

"Mereka (Isuzu) standarnya sudah bagus banget. Pelayanan sudah oke. Isuzu sering kunjungan kasih ilmu soal body mounting, pemasangan lampu. (Setelah era pandemi) berharap bisa ada lagi kegiatan-kegiatan semacam itu, untuk me-refresh tim kami, dan supaya tambah ilmu, supaya teman-teman lebih pintar lagi," kata dia.

 



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer