12 Dec 2023

Isuzu Dealer Direction 2024: Tangkap Peluang Besar dengan Transformasi Strategi

Share

PT Isuzu Astra Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Isuzu di Indonesia memberikan arahan kepada jaringan dealer Isuzu di seluruh Indonesia untuk melakukan transformasi dalam acara Isuzu Dealer Direction 2024 pada Jumat, 8 Desember 2023 di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Isuzu Dealer Direction 2024 ini bertujuan untuk menyamakan visi jaringan Isuzu untuk mencapai dominasi pasar kendaraan komersial di Indonesia. Dihadiri oleh panelis tamu Ignasius Jonan selaku mantan Direktur PT Kereta Api Indonesia, acara yang mengundang Manajemen Dealer Isuzu dari seluruh Indonesia ini berlangsung secara menarik.

Kata kunci transformasi pun menjadi penekanan yang disampaikan oleh Ignasius Jonan selaku mantan Direktur PT Kereta Api Indonesia dalam paparannya yang berjudul Leading Business Transformation in Disruptive Era.

"Transformasi dimulai dari mengubah diri sendiri," ujar Ignasius Jonan yang mengawali paparannya dengan pemahaman tujuan inti, kepemimpinan yang esensial, pemahaman bahwa transformasi adalah mengenai menjadi lebih besar, lebih baik, dan lebih berani, serta untuk terus bergerak maju.

Dengan gol untuk bisa menjadi pemain dominan melalui terobosan dan melompat tinggi dengan perspektif pelanggan, maka dealer-dealer diharapkan untuk menangkap peluang dengan menangkap market yang lebih besar, tetap mengacu pada Dealer Value Proposition, dan sinergi dalam menjalankan Triple Action Strategy.

"Kami membutuhkan kerja sama dari semua lapisan dealer untuk meningkatkan dominasi Isuzu di pasar kendaraan komersial Indonesia," ujar Yusak Kristian.

"Untuk menangkap peluang pasar yang lebih besar, penguatan strategi Double Striker perlu dilakukan dengan Triple Action Strategy," pesan Yusak Kristian, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia dalam Isuzu Dealer Direction 2024.

Dalam arahannya, Yusak Kristian menjelaskan perlunya transformasi dari strategi Double Striker, dari sebelumnya berkutat pada penjualan kendaraan dan aftersales, menjadi Triple Action Strategy yang berarti fokus pada penguatan penjualan kendaraan (sales), servis, dan spare part.





Isuzu Terapkan Strategi Triple Action untuk Raih Peluang Baru pada 2024



Triple Action Strategy, sebagai strategi Isuzu untuk memasuki tahun 2024, ditetapkan dari berbagai catatan positif performa ekonomi Indonesia yang tetap kuat meski menghadapi tantangan pada 2023 dengan pertumbuhan positif produk domestik bruto (PDB) kuartal ketiga 2023 tahun ke tahun sebesar 4,94 persen.

Berkaca pada Badan Pusat Statistik, sektor-sektor yang memimpin terjadi pada Industri Pengolahan sebesar 18,8%, Pertanian 13,6%, Perdagangan 12,9%, Pertambangan 10,2%, dan Konstruksi 9,9%; dengan sektor pertumbuhan tertinggi pada Transportasi & Pergudangan yang tumbuh 14,8% dan Akomodasi & Makan-Minum tumbuh 10,5%. Sektor-sektor inilah yang membawa peluang besar karena merupakan fokus segmen Isuzu.

Meski tingkat undisbursed loan bank hingga September 2023 mencapai Rp 2,019 triliun dan penyerapan belanja pemerintah turun 5.9% dibanding tahun 2022, Isuzu sendiri tetap konsisten mencatatkan kenaikan market share yang stabil dari tahun ke tahun (+ 1,3%) membuat Isuzu tetap pada treknya.

Di samping itu, penyerapan unit sales yang bagus di konsumen membuat perbandingan wholesales dan ritel berimbang (1 : 1), yakni 24.834 unit berbanding 24.862 unit (data Gaikindo 2023) dengan didominasi Isuzu Elf secara wholesales 11.869 unit dan ritel 11.818 unit.

"Kita telah berhasil mengatasi segala tantangan dan dapat menangkap peluang di 2023. Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas segala kerja sama Anda. Isuzu telah menjadi business backbone Astra untuk Commercial Vehicle Automotive Business. Mari kita menjadikan Isuzu Indonesia sebagai pemain dominan baru hingga ke level Isuzu global," ujar Yusak Kristian seraya menekankan bahwa market Indonesia sangat besar secara volume dan Isuzu telah menjadi pemain dominan di 37 negara.

Lantas apa yang menjadi prediksi di tahun 2024? Bicara faktor-faktor penguat, Kementerian Keuangan dalam datanya memprediksi Belanja Pemerintah Pusat (BPP) akan tumbuh 7% untuk mengakselerasi transformasi ekonomi, yakni untuk pembangunan IKN, pembangunan negara, dan Pemilu 2024, yang masing-masing membuka peluang besar bagi Isuzu.

Proyek strategis negara (PSN) sendiri akan mencapai Rp 5.746,7 triliun berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian 2022 dengan 211 proyek dan 13 program PSN. Sementara, peningkatan konsumsi Pemilu 2024 mencakup estimasi perputaran uang Rp 179 triliun, dengan salah satu pengeluaran tertinggi (42%) untuk Operasional Logistik dan Transportasi.


 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2023 | Website Policy and Disclaimer