18 Jun 2024

Isuzu Giga: Truk Irit Bahan Bakar Andalan Logistik hingga Pertambangan

Share

Terpikat dengan Isuzu Giga karena terlihat eksis di berbagai medan jalan? Tak hanya hadir sebagai pendukung logistik dari traktor trailer yang mencapai 22 roda hingga wing box untuk kebutuhan lebih spesifik, Isuzu Giga juga menjadi andalan kebutuhan heavy duty seperti di pertambangan.

Eksistensinya menggambarkan kecocokan operasional tipe ini sebagai kendaraan yang tangguh di segala jenis jalan. Kecocokan terkait operasional juga tidak terlepas dari Isuzu Giga sebagai salah satu produk Isuzu yang irit bahan bakar.

Irit bahan bakar menjadi penting dalam perhitungan biaya operasional. Isuzu Giga sendiri sudah berpengalaman 13 tahun menggunakan mesin common rail. Teknologi yang mengandalkan prinsip tekanan tinggi sehingga memberikan atomisasi bahan bakar yang lebih baik ini membuat konsumsi bahan bakarnya irit. 

"Misalnya ke Bandung (dari Jakarta) itu paling Rp 400.000 sudah pulang pergi. Kalau merek lain itu bisa Rp 500.000," kata Fauzan yang mengemudikan Isuzu Giga FVR untuk perusahaan kemasan PT Primapack, dalam perbincangan di tengah perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Salah satu tipe ini—Isuzu Giga FVZ yang eksis di pertambangan—menggunakan sistem transmisi 9 percepatan yang lebih efisien, dengan torsi 90 kg.m pada 1,450 - 2,400 rpm. 

Tipe ini juga menggunakan gear ratio besar untuk tarikan awal sehingga lebih kuat dan stabil saat membawa beban.

Stabil dan dibangun dengan cara kerja dan material berkualitas. Oleh  karenanya, biaya perawatannya pun efisien. Bahkan, kualitasnya bisa dirasakan hingga ke suku cadang-suku cadang kecil seperti bushing torque, atau karet stabil, atau juga kerap diistilahkan dengan karet "ting-tong" ataupun "ding-dong".

Jika bushing torque atau karet stabil merek lain atau aftermarket mengalami crack di 180.000, 120.000, bahkan 55.000 daur pakai, bushing torque untuk tipe Isuzu ini tidak crack bahkan dengan daur pakai 300.000. 

Semua kelebihan termasuk irit bahan bakar, teknologi termasuk sistem kerja yang sedemikian diperhitungkan, dan kualitas material, tidak lain merupakan upaya #IsuzuTerusMenemani masyarakat di Indonesia, termasuk untuk menjalani usaha yang membutuhkan dukungan kendaraan angkut berdaya besar, layaknya aneka tipe di Isuzu Giga.

Baca juga: Ini Rahasia Menghindari Masalah Bahan Bakar agar Tetap Tangguh!


 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2023 | Website Policy and Disclaimer