22 Mar 2022
Isuzu Traga Blind Van siap Euro4, Wara-Wiri Antar Paket Sambil Selamatkan Lingkungan
Share

Wara-wirinya mobil pengantar paket kami lihat menjadi bukti nyata meningkatnya bidang jasa pengiriman di Indonesia. Termasuk juga blind van untuk kendaraan kelas pick up medium, yang sudah kami hadirkan lewat Isuzu Traga.

Meningkatnya tidak tanggung-tanggung, sejumlah jasa seperti J&T yang juga bermitra dengan Isuzu sudah menunjukkan perolehan dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya, bahkan dengan catatan pengiriman sudah diklaim di atas 1 juta paket per hari.

Meledaknya belanja online melalui e-commerce sebagai bentuk budaya era pandemi membuat tingginya permintaan jasa pengiriman barang, sehingga kebutuhan kendaraan niaga pun meningkat, khususnya di sektor industri ini. Dengan demikian, perannya menjadi semakin besar.

Kendaraan niaga, khususnya yang bermesin diesel merupakan salah satu populasi yang cukup besar di jalan, sehingga polusi dari emisi gas buang ini menjadi salah satu penyebab pencemaran udara. Oleh sebab itu, pemerintah berkomitmen untuk mulai menerapkan standar emisi Euro4 pada kendaraan diesel. Regulasi Euro4 pada kendaraan diesel ini rencana akan berlaku bulan April 2022 sesuai dengan surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020.

Untuk mencapai emisi gas buang berstandar Euro4, diperlukan pembakaran bahan bakar yang lebih baik, yang tentunya perlu ada pembaharuan dari mesin yang biasanya menggunakan mesin konvensional, menjadi mesin dengan teknologi common rail. Mesin dengan teknologi common rail ini diatur oleh komputer, sehingga menghasilkan emisi gas buang sesuai dengan standar Euro4.

Mesin common rail ini bukan hal baru bagi Isuzu, karena Isuzu Giga sendiri sudah menggunakan mesin common rail sejak tahun 2011, artinya Isuzu memiliki pengalaman pada mesin common rail sudah lebih dari 10 tahun. Bukan hanya dari sisi produk, tetapi juga layanan after sales nya, mulai dari spare parts, hingga pengalaman mekanik dalam menangani mesin common rail.

Di Isuzu Elf, kami sudah mempunyai Isuzu Elf NMR 81 yang juga sama-sama menggunakan mesin common rail sejak tahun 2018. Lalu pada Isuzu Traga, kami sudah produksi dengan mesin berstandar Euro4 dan diekspor dengan nama Traviz ke Filipina pada tahun 2019 dan dilanjurkan ekspor ke beberapa negara lainnya. Oleh karena itu, Isuzu Traga pun sudah siap dengan standar Euro4, begitu pula dengan Isuzu Traga Blind Van.

Ke depannya, Isuzu Traga Blind Van dengan standar Euro4 akan lebih irit bahan bakar, ramah lingkungan, dengan muatan yang besar akan memaksimalkan keuntungan bisnis para pengusaha. Dari belakang area kursi depan hingga balik tutup pintu tersedia ruang sepanjang 2.800 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.200 mm. Daya muat totalnya mencapai 5,2 meter kubik--plus akses pintu samping selebar 1 meter.

Demi mengubah level hidrokarbon (HC) dari 1,1 gram/kWh ke 0,46 gram/kWh, nitro oksida (Nox) 7 gram/kWh ke 3,5 gram/kWh, karbon monoksida (CO) 4 gram/kWh ke 1,5 gram/kWh, dan particulate matter (PM) 0,15 gram/kWh ke 0,02 gram/kWh sesuai perubahan standar Euro 2 ke Euro 4, maka Isuzu Traga yang jamak di jalanan pun tetap wara-wiri dengan tenang; tanpa khawatir sanksi regulasi sambil ikut menyelamatkan udara yang kita hirup sama-sama ini.



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer