06 Feb 2021
Pentingnya Training Mekanik Demi Cegah Kerugian Puluhan Juta
Share

Bagi Isuzu, lancarnya roda bisnis yang ditunjang dengan terawatnya truk merupakan sebuah prioritas.

 

Faktanya, truk sebagai ujung tombak bisnis kadang kala harus mengalah akibat problem yang bisa saja dikatakan sepele. Namun rupanya, sesuatu yang sepele ini berakibat cukup fatal.

"Seperti kendaraan yang beberapa komponen mesinnya hancur karena kesalahan prosedur pemasangan timing gear. Akibatnya, tumbukan terjadi antara piston dan valve sehingga  timing gear juga mengalami kerusakan," ujar Training Development kami, Arief Budiman.

Kerusakan komponen mesin tersebut diestimasi bisa mencapai Rp 60 juta. Sebab,  banyak part yang kemudian mengalami kerusakan.

Tidak hanya kesalahan prosedur, kesalahan diagnosis juga bisa berakibat pada salahnya membeli part dan membuang uang. Sebab, suku cadang yang dituding sebagai biang masalah justru bukanlah penyebab.

"Masalahnya mesin commonrail yang tidak bisa hidup. Customer disarankan mengganti injektor dengan harga per satunya sekitar Rp 5 juta. Penggantian 4 injektor sehingga total menjadi Rp 20 juta. Sementara, kerusakan yang sebenarnya bukan di injector, melainkan komponen lain yang harganya senilai 1 injektor," urainya.

 

Sedari awal kami sudah menyadari bahwa perawatan kendaraan bukan sekadar mengganti part. Lebih jauh, banyak hal yang penting menjadi perhatian dan berangkat dari kekayaan pengalaman dan tercakup secara komplet dalam aftersales kami.

 

"Pengalaman yang pernah di share dari rekan-rekan mekanik di lapangan kebanyakan masalah analisis yang tidak tepat, pengerjaan yang tidak sesuai SOP, dan penggunaan spare part yang kualitasnya rendah sehingga tidak menyelesaikan masalah tetapi malah menambah masalah," ujarnya.

 

Demi berjalannya truk sebagai ujung tombak, Isuzu tidak hanya melebarkan sayap ketersediaan suku cadang dan perawatan. Training atau pelatihan yang diadakan khusus bagi mekanik customer, begitu pula bagi para pengemudinya. Hal ini penting untuk mencehag hal hal yang tidak diinginkan.

 

Di Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), tim pelatihan memiliki tempat training dengan peralatan lengkap. Apalagi di masa ketika teknologi sudah hadir untuk mempermudah kerja kendaraan, termasuk untuk kebutuhan niaga.

 

Diagnosis bisa dilakukan dengan lebih cepat tanpa memakan waktu mencari dan menemukan problem ketika truk bermasalah. Sebab, truk common rail seperti Isuzu Giga sudah mengakomodasi pemeriksaan diagnosis cepat ini.

 

Hanya dengan 10-15 menit saja, hasil diagonis yang dinamai "Isuzu Health Report" siap memberikan beragam informasi.

 

Diagnosis ini didukung GIDSS atau Global Isuzu Diagnostic Service System. Dengan sistem komputerisasi ini, customer bisa mendapatkan informasi service, scan tool, pemrograman, dan DRM (Data Record Module).

 

Hasilnya, informasi penting tersedia untuk customer Isuzu hingga memantau potensi masalah yang dapat muncul pada unit kendaraan niaganya. Dengan demikian, tidak perlu pusing-pusing lagi, bahkan buang biaya percuma karena hal-hal ini diatasi dan tercakup dalam aftersales Isuzu.

 



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer