27 Apr 2022
Petaka Rem di Turunan dan Pertolongan ABS yang di Isuzu Giga
Share

Tidak jarang kita mendengar kendaraan besar termasuk truk mengalami gagal rem, apalagi saat menghadapi jalan menurun. Kejadian terakhir yang viral adalah truk di Balikpapan pada Januari 2022 lalu.

Yang menarik adalah sejumlah suku cadang dalam sistem rem di truk tersebut sebenarnya baik-baik saja. Hal itu disampaikan oleh pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) selaku lembaga yang melakukan investigasi.

"Kampasnya bagus, tidak ada kebocoran, bagus semua. Namun memang ada gap 2 mm antara kampas dan teromol," ujar Achmad Wildan, Senior Investigator KNKT kepada sejumlah media massa.

Namun, kesalahan yang dilakukan oleh pengemudi antara lain adalah tidak menerapkan cara pengereman yang seharusnya dilakukan pada sebuah kendaraan dengan bobot tinggi, apalagi di jalan menurun.

Dengan sistem rem pada truk lama, maka selain usia part yang tidak lagi presisi, pengemudi perlu menyertakan penurunan gigi.

Untuk sebuah kendaraan besar, rem yang secara umum diandalkan adalah rem angin. Rem angin sendiri saat ini terbagi dalam tipe semi dan full-air brake.

Sistem semi-air brake masih mengandalkan kerja hidraulis, sementara full-air brake sudah sepenuhnya mengandalkan tekanan udara yang tersimpan di tangki khusus untuk mendorong piston rem.

Di Isuzu Giga untuk tipe tractor head yang memang ditujukan untuk menarik bobot hingga 45 ton, rem yang digunakan adalah full-air brake. Di luar itu, Giga kami juga disertai sistem ABS.

Sistem ABS atau anti-lock braking system memungkinkan rem tidak mengunci sehingga truk tergelincir saat berada di jalan licin. Rem akan bekerja secara bertahap dalam hitungan yang sangat cepat. Di turunan licin apalagi yang berujung tikungan, maka ABS akan sangat membantu dalam pengendalian.

Kombinasi full-air brake dan ABS ini tersedia di tractor head Giga GXZ 60 K ABS (N), Isuzu Giga GVZ 34 K HP ABS (N), dan Isuzu Giga GVR 34 J HP ABS (N).

Sambil memenuhi kebutuhan membawa beban banyak, tetapi juga patuh larangan over dimension and over load (ODOL) karena tractor head ber-trailer bisa membawa beban lebih banyak, dukungan rem yang lebih baik pun memuluskan pekerjaan yang berujung lancarnya bisnis.

TIPS PENGECEKAN REM

Rem kendaraanmu sudah oke? Cek dulu sejumlah hal sebelum mulai jalan yah

  • Rutin ganti kampas rem
  • Cek minyak rem *jika bersistem hidraulis
  • Cek level angin rem
  • Cek kondisi booster, seal, dan piston rem
  • Uji rem sebelum truk beroperasi


 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer