02 Feb 2022
Truk dengan Mesin Euro 2 Tidak Bisa Dimodifikasi Sesuai Standar Euro IV
Share

Salah satu kekhawatiran pengusaha truk ketika regulasi Euro IV diimplementasikan, yaitu bagaimana nasib truk lama yang masih mengusung standar emisi Euro 2?

Jadi sesuai dengan aturan yang dikeluarkan pemerintah, nantinya para pengusaha truk tidak langsung melakukan pergantian truk secara total. Mereka masih tetap dapat menggunakan kendaraan lamanya.  

Akan tetapi apabila terjadi peremajaan unit, maka unit yang dijual kami adalah standar emisi Euro IV, karena tidak ada lagi unit Euro 2. Terkait Surat Keterangan Rancang Bangun untuk pembuatan pembuatan karoseri nantinya juga hanya akan tersedia untuk truk Euro IV saja. Untuk dimodifikasi menjadi Euro IV, tentunya kata Tonton Eko, Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) tidak bisa.  

Sebab mesin dengan standar Euro IV menggunakan menggunakan teknologi common rail. “Sejak tahun 2011, Isuzu sudah menggunakan teknologi itu pada truk Isuzu Giga dan Isuzu Elf NMR 81 yang diluncurkan pada tahun 2018,” ungkap Tonton. Tenang, Tenang, dengan pengalaman dan jaringan dengan mesin common rail, hingga saat ini produk Isuzu diterima dengan baik oleh masyarakat dan mekanik Isuzu juga sudah lebih siap. Begitu juga dengan penyediaan suku cadang.


 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer