27 Apr 2022
Turbo Isuzu Traga, Suguhan Sensasi yang Membuatnya Susah Disalip
Share

Raungan mesin dengan turbocharger sulit ditampik akan memberikan sensasi tersendiri saat kita berakselerasi. Isuzu sudah berpengalaman akan hal itu dan menjadikan kenikmatan bagi mereka yang pernah mengecap sejarah turbocharger pada Panther.

Tak ubahnya dengan Traga. Mesin 4JA1-L Diesel Direct Injection Turbocharger berkapasitas 2.500cc diset ulang pada pikap satu ini dan menjadi 4JA1-CR Direct Injection Common Rail Injection Waste Gate Turbocharger. Selain rendah emisi karena memenuhi standar Euro 4, mesin tersebut juga menjadikannya sigap saat dibutuhkan.

Dibutuhkan untuk apa? Tentu di mata pengusaha, kendaraan yang dibutuhkan adalah yang irit dan cepat sampai tujuan. Aspek-aspek itulah yang diusahakan agar mencapai satu level yang lebih baik lagi. Bahkan ia juga jadi yang terbesar di kelasnya. Jadi, terbesar di kelas pikap, Traga lebih bertenaga tetapi efisien secara BBM dan secara bersamaan juga ramah lingkungan.

“Misalnya merek lain berhenti dua-tiga kali (isi solar), kalau ini cuma dua kali. Iritnya beda sekali," kata Dwi, seorang pengemudi Traga.

Berdaya muat di atas rata-rata dengan ukuran bak 2,8 m x 1,6 m atau lebih besar lagi pada penggunaan boks, Isuzu Traga dengan turbocharger-nya melimpah secara torsi.

Hitungannya kira-kira 191 Nm lebih, yang bahkan cukup didapatkan pada putaran mesin 1.800 - 2.400 rpm.

Coba bandingkan spesifikasi tersebut pada kendaraan sekelasnya yang torsinya 130-an Nm dan baru didapat di 2.500 rpm. Traga pun karenanya berada di atasnya.

Pengusaha dalam hal ini lebih dimudahkan saat mengharapkan para pengemudi mencapai target waktu tertentu. Di sisi pengemudi, mereka terpancing akan target tersebut dengan adanya sensasi turbocharger ini.

"Kebahagiaan di tempat kerja datang ketika (salah satunya) pekerja senang melakukan tugas yang diberikan," demikian menurut psikolog Madhuleena Roy Chowdhury dalam “Happiness at Work: 10 Tips for How to be Happy at Work” di positivepsychology.com.

Bersama dengan Traga sebagai alat kerja yang sigap kala memenuhi target waktu, seiring efisiensi BBM dan daya muat yang standarnya sudah besar, perlu diketahui pula bahwa ia juga sudah dilengkapi dengan sistem suspensi depan double wishbone layaknya mobil sport. Sekali lagi, pada tujuannya, Isuzu ingin mencapai level baru, yang dalam hal ini adalah melalui Traga. Efeknya, ritase terpenuhi, keuntungan pun makin tinggi.



 
©Isuzu Astra Motor Indonesia, 2021 | Website Policy and Disclaimer